Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

VIRUS EBOLA dan MERS-COV: Kemenkes Anjurkan Hidup Sehat

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyarankan seluruh warga Indonesia yang akan berpergian ke luar negeri untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) guna meminimalisir terjangkitnya virus ebola dan MERS-Cov.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyarankan seluruh warga Indonesia yang akan berpergian ke luar negeri untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) guna meminimalisir terjangkitnya virus ebola dan MERS-Cov.

Khusus bagi warga yang ingin melakukan ibadah haji dan umrah, Pelaksana Tugas Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes Agus Purwadianto juga mengingatkan beberapa hal untuk mencegah penyebaran penyakit zoonosis tersebut.

“Selalu menjalani perilaku hidup bersih dan sehat. Lebih baik jangan kunjungi peternakan unta jika tidak ada perlu, dan menjaga kesehatan diri jauh sebelum melaksanakan ibadah haji atau umrah,” katanya di Gedung Kemenkes, Jumat (15/8/2014).

Selain itu, imbuhnya, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan olahan yang baik, dan menjalankan etika yang benar saat batuk. "Saat kita batuk, usahakan jangan sampai menularkannya ke orang lain."

Agus mengatakan saat ini Kemenkes terus melakukan rapat koordinasi dengan Menko Kesra, Kementerian Pertanian dan Kementerian Agama terkait tindakan pencegahan.

Selain itu, dia menyarankan warga Indonesia yang sedang berada di Arab Saudi dan ternyata mengalami gejala-gejala yang mencurigakan agar segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan, karena gejala ebola mirip dengan influenza.

Menurutnya, meningkatkan daya tahan tubuh dan menjalani pola hidup sehat menjadi cara pencegahan terbaik saat ini mengingat belum ada vaksin untuk virus ebola dan MERS-CoV.

“Belum ada vaksin, sebaiknya melakukan vaksin standar, seperti meningitis,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper