Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tol Trans Jawa: Lahan Solo-Mantingan Hampir Selesai

Pengadaan lahan tol Trans Jawa ruas Solo-Mantingan hampir selesai, kecuali beberapa bidang yang masih terkendala keberatan atas penilaian harga lahan.
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 14 Agustus 2014  |  20:53 WIB

Bisnis.com, KARANGANYAR--Pengadaan lahan tol Trans Jawa ruas Solo-Mantingan hampir selesai, kecuali beberapa bidang yang masih terkendala keberatan atas penilaian harga lahan.

Tim Pembebasan Tanah (TPT) telah membebaskan 93% lahan di ruas Solo—Mantingan I dan 97% lahan di ruas Solo—Mantingan II.

Suyono dari TPT Solo—Mantingan II mengatakan sebagian besar lahan yang masih belum bisa dibebaskan adalah fasilitas umum dan Tanah Kas Desa.

Permasalahan yang terjadi, di antaranya, adalah penggantian gedung sekolah dan penggantian lahan yang difungsikan sebagai lapangan.

“Lahan pengganti lapangan hanya ada lahan sawah, untuk menjadi lapangan harus ditimbun. Desanya belum berani menetapkan nilai ditambah biaya menimbun itu,” kata Suyono.

Adapun proses pembebasan lahan di ruas Solo—Mantingan II belum rampung 100% karena masih ada beberapa warga yang belum sepakat dengan harga yang ditetapkan Panitia Pembebasan Tanah (P2T).

Waligi dari TPT Solo—Mantingan I memaparkan lahan yang belum bisa bebas berada di Kabupaten Boyolali (4%) dan Kabupaten Karanganyar (3%).

Lahan yang belum berhasil dibebaskan tersebut akan diserahkan ke Pengadilan Negeri ke dalam proses konsinyasi mulai November.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol trans jawa tol trans jawa
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top