Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Trans Jawa: Lahan Solo-Mantingan Hampir Selesai

Pengadaan lahan tol Trans Jawa ruas Solo-Mantingan hampir selesai, kecuali beberapa bidang yang masih terkendala keberatan atas penilaian harga lahan.

Bisnis.com, KARANGANYAR--Pengadaan lahan tol Trans Jawa ruas Solo-Mantingan hampir selesai, kecuali beberapa bidang yang masih terkendala keberatan atas penilaian harga lahan.

Tim Pembebasan Tanah (TPT) telah membebaskan 93% lahan di ruas Solo—Mantingan I dan 97% lahan di ruas Solo—Mantingan II.

Suyono dari TPT Solo—Mantingan II mengatakan sebagian besar lahan yang masih belum bisa dibebaskan adalah fasilitas umum dan Tanah Kas Desa.

Permasalahan yang terjadi, di antaranya, adalah penggantian gedung sekolah dan penggantian lahan yang difungsikan sebagai lapangan.

“Lahan pengganti lapangan hanya ada lahan sawah, untuk menjadi lapangan harus ditimbun. Desanya belum berani menetapkan nilai ditambah biaya menimbun itu,” kata Suyono.

Adapun proses pembebasan lahan di ruas Solo—Mantingan II belum rampung 100% karena masih ada beberapa warga yang belum sepakat dengan harga yang ditetapkan Panitia Pembebasan Tanah (P2T).

Waligi dari TPT Solo—Mantingan I memaparkan lahan yang belum bisa bebas berada di Kabupaten Boyolali (4%) dan Kabupaten Karanganyar (3%).

Lahan yang belum berhasil dibebaskan tersebut akan diserahkan ke Pengadilan Negeri ke dalam proses konsinyasi mulai November.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper