Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

London Pimpin Perlambatan Properti di Inggris

Harga rumah di London memimpin perlambatan di pasar perumahan Inggris, setelah Bank of England (BOE) memberlakukan regulasi pengetatan kredit.
Fasilitas apartemen/Reuters
Fasilitas apartemen/Reuters

Bisnis.com, LONDON Harga rumah di London memimpin perlambatan di pasar perumahan Inggris, setelah Bank of England (BOE) memberlakukan regulasi pengetatan kredit.

Royal Institution of Chartered Surveyors (RICS) menyebutkan indeks nilai tergelincir menjadi 10 dari 30 pada Juni tahun ini, angka terendah sejak Maret 2011.

Permintaan rumah di London juga tercatat turun ke level tercepat selama 6 tahun pada Juli 2014, setelah sempat melonjak tajam tahun lalu. penaikan signifikan harga rumah tahun lalu sempat memicu kekhawatiran BOE terkait ancaman gelembung property.

Akibatnya, bank sentral Inggris itu langsung meluncurkan aturan guna membatasi utang perumahan yang dinilai mampu menghambat prospek pemulihan ekonomi Negeri Ratu Elyzabeth itu.

“BOE sepertinya mengacuhkan dampak perkembangan pasar perumahan akibat regulasi itu,” kata RICS di London, Kamis (14/8).

Adapun, indeks harga nasional rumah merosot menjadi 49 pada Juli dari 52 sedangkan indeks pemeriksaan bagi pembeli baru juga turun -2 dari 7.

Lebih jauh, responden dalam survei yang diadakan RICS memangkas proyeksi harga rata-rata rumah di Inggris menjadi 4,7% selama 5 tahun ke depan dari 5,9% pada estimasi Maret lalu. proyeksi untuk London juga dikoreksi turun menjadi 4,6% dari 9,3%.

“Sejumlah kebijakan yang dikeluarkan BOE, dan ekspektasi kenaikan suku bunga acuan membebani sentimen di pasar properti,” jelas Simon Rubinsohn, Ketua Ekonom RICS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper