Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Disney Hadapi Tuntutan Pelanggaran Hak Cipta

Walt Disney Co. gagal meyakinkan pengadilan federal di San Francisco untuk membatalkan tuntutan pelanggaran hak cipta terkait karakter Olaf dalam film Frozen.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 06 Agustus 2014  |  01:33 WIB

Bisnis.com, SAN FRANCISCO — Walt Disney Co. gagal meyakinkan pengadilan federal di San Francisco untuk membatalkan tuntutan pelanggaran hak cipta terkait karakter Olaf dalam film Frozen.

Seorang warga California, Kelly Wilson Mill Valley mengklaim sebuah trailer Frozen melanggar film animasi komputernya yang berjudul The Snowman. Karakter Olaf dalam film Frozen dalam trailer sangat mirip dengan manusia salju dalam filmnya.

Bloomberg melaporkan pada Selasa (5/8/2014), Wilson menuntut Disney dan mengklaim bahwa tema, dialog, tempat, kecepatan, karakter, dan rangkaian peristiwa dalam trailer film Disney tersebut juga mirip secara substansial.

Pada 30 Juli 2014, Hakim Distrik AS Vince Chhabria menangapi permintaannya dan mengatakan plot dan rangkaian peristiwa di Burbank, California, berdasarkan trailer Disney dan film milik Wilson memiliki banyak kesamaan.

Namun, para juri tidak mempunyai alasan untuk menemukan kesamaan ide dan ekspresi kedua film tersebut. Pengadilan memutuskan untuk menolak klaim Wilson bahwa keseluruhan film Frozen melanggar Snowman.

Film yang juga meraih Piala Oscar 2014 ini mampu meraup pendapatan hingga mencapai lebih dari US$1 miliar, sehingga meraih posisi pertama dalam daftar film animasi terlaris. Total pemasukan Frozen di seluruh dunia mencapai US$1,07 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

film hukum walt disney
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top