Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMKG Pangkalpinang: Gelombang Laut Bangka Belitung Capai 4 Meter Besok

BMKG Kota Pangkalpinang memprakirakan selama 24 jam ke depan, tinggi gelombang di perairan Bangka Belitung mencapai 4 meter mulai Rabu (6/8/2014) pukul 07.00 WIB.

Bisnis.com, PANGKALPINANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan selama 24 jam ke depan, tinggi gelombang di perairan Bangka Belitung (Babel) mencapai 4 meter mulai Rabu (6/8/2014) pukul 07.00 WIB.

"Ketinggian gelombang ini diprakirakan terjadi di jalur penyeberangan Babel yakni Selat Karimata," kata Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Evi Diana Prihatiningsih, di Pangkalpinang, Selasa (5/8/2014).

Dia mengatakan tinggi gelombang itu dipicu oleh kecepatan angin yang meningkat dari 35 km per jam menjadi 40 km  per jam.

"Kami menghimbau pengguna jasa transportasi laut yang melewati jalur penyeberangan ini agar berhati-hati dengan kondisi cuaca buruk ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya meminta para nelayan terutama nelayan tradisional untuk sementara waktu tidak melaut mengingat kondisi cuaca tersebut dapat mengancam keselamatan.

"Kami juga meminta nelayan untuk tidak turun melaut sampai keadaan cuaca kembali normal seperti biasanya," katanya.

Di jalur lain, penyeberangan Babel yakni Selat Gelasa dan Selatan Bangka ketinggian gelombang mencapai tiga meter dengan kecepatan angin mencapai 38 km per jam.

"Ketinggian gelombang laut di jalur lain pelayaran Babel yakni Selat Bangka dan Utara Bangka berkisar antara 1,3 dan 2,5 meter dengan kecepatan angin mencapai 35 km per jam," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan satelit cuaca, daratan Babel masih berawan dan berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Peluang hujan dengan intensitas sedang diprakirakan hanya berpotensi terjadi di Manggar Kabupaten Belitung Timur sedangkan lima kabupaten/kota lain hanya berpotensi hujan dengan intensitas ringan," kata Evi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor :
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper