Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PESAWAT TRANSASIA AIRWAYS JATUH: Gagal Mendarat Darurat Akibat Badai & Tabrak Apartemen

Sebuah pesawat TransAsia Airways turboprop jatuh pada upaya kedua pada pendaratan saat badai di Pulau Penghu, Taiwan pada Rabu (23/7/2014), menewaskan 47 orang dan menyebabkan bangunan terbakar, kata para pejabat.
Pesawat TransAsia Airways jatuh di Taiwan/bbc.com
Pesawat TransAsia Airways jatuh di Taiwan/bbc.com

Bisnis.com, TAIPEI - Sebuah pesawat TransAsia Airways turboprop jatuh pada upaya kedua pada pendaratan saat badai di Pulau Penghu, Taiwan pada Rabu (23/7/2014), menewaskan 47 orang dan menyebabkan bangunan terbakar, kata para pejabat.

Pesawat, sebuah ATR 70 dengan kursi 72, jatuh di dekat landasan pacu di pulau Penghu, sebelah barat dari pulau tersebut, dengan 54 penumpang dan empat awak, kata mereka. Tidak ada yang tewas atau terluka dalam bangunan yang ambruk akibat ditabrak pesawat tersebut.

Sebelas orang terluka di pesawat dibawa ke rumah sakit, kata pemerintah.

Pesawat lepas landas dari kota selatan Taiwan Kaohsiung, menuju pulau Makong, namun mendarat di Huxi kotapraja Penghu County.

"Itu kondisi badai selama kecelakaan itu," kata Wen Hsi-guang, juru bicara Biro Pemadam Kebakaran Pemerintah Penghu County.

"Dari lokasi kecelakaan kami mengirim 11 orang ke rumah sakit dengan luka-luka. Beberapa bangunan apartemen kosong yang berdekatan dengan landasan pacu terbakar, tapi tidak ada seorang pun di dalam pada waktu dan api itu padam."

Sekitar 100 petugas pemadam kebakaran dikirim ke tempat kejadian, serta 152 personil militer dan 255 polisi, tambahnya.

Menurut seorang pejabat di Civil Aeronautics Administration, kontrol lalu lintas udara melaporkan bahwa cuaca buruk pada saat kecelakaan itu tidak melebihi peraturan internasional untuk mendarat.

Visibilitas adalah 1.600 meter dan awan adalah serendah 600 meter, tambah pejabat itu, yang menolak untuk diidentifikasi.

Jaringan televisi menayangkan rekaman presiden TransAsia ini, Chooi Yee Choong-, membungkuk meminta maaf.

"Kami menyampaikan permintaan maaf terdalam kami kepada semua orang untuk kejadian ini."

Topan Matmo melanda Taiwan pada Rabu, membawa hujan lebat dan angin kencang, menutup pasar keuangan dan sekolah. Itu berlalu pulau dan menuju ke China, diturunkan dari topan badai tropis.

TransAsia Airways merupakan sebuah maskapai penerbangan yang berbasis di Taiwan dengan armada sekitar 23 pesawat Airbus dan ATR pesawat, yang beroperasi terutama jarak pendek penerbangan rute domestik serta daratan China, Jepang, Thailand dan Kamboja, di antara tujuan Asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper