Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PABRIK GULA: Tunas Baru Lampung Tunjuk Kontraktor

Perusahaan perkebunan PT Tunas Baru Lampung Tbk. (TBLA) melalui anak usahanya PT Adikarya Gemilang bekerja sama dengan kontraktor Sharkara International (FZC) asal Thailand untuk membangun pabrik gula.

JAKARTA – Perusahaan perkebunan PT Tunas Baru Lampung Tbk. (TBLA) melalui anak usahanya PT Adikarya Gemilang bekerja sama dengan kontraktor Sharkara International (FZC) asal Thailand untuk membangun pabrik gula.

Anak usaha yang sahamnya dimiliki 99,8% oleh perseroan telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan kontraktor di bawah bendera Sutech Engineering Co. Ltd tersebut yang merupakan pihak independen dan tidak memiliki hubungan afiliasi.

"Nilai kontrak mencapai US$35 juta atau setara Rp420 miliar," ungkap Oey Alfred, Direktur Tunas Baru Lampung, dalam keterbukaan informasi, Jumat (11/7/2014).

Selain itu, perseroan juga harus menunjuk kontraktor lainnya untuk mengerjakan bagian pembangunan yang tidak termasuk dalam pekerjaan kontraktor utama. Nilai bagian lainnya proyek pembangunan pabrik gula tersebut mencapai US$65 juta atau setara Rp816 miliar.

Tunas Baru Lampung menyiapkan dana sekitar Rp1 triliun untuk  untuk merampungkan pabrik gula (sugar mills) di Lampung itu yang berkapasitas 6.000 ton per hari dan ditargetkan mulai beroperasi pada 2017.

Dari total belanja modal pada tahun ini Rp1,3 triliun, alokasi untuk pabrik gula merupakan yang terbesar.

Wakil Presiden Direktur Tunas Baru Lampung Sudarmo Tasmin merinci sekitar Rp120 miliar dipakai untuk membangun pabrik kelapa sawit ke-5 berkapasitas 45 ton tandan buah segar (TBS) per jam di Bengkulu.

Selain itu, sekitar US$15 juta dialokasikan untuk pabrik biodiesel berkapasitas 1.000 ton per hari yang berlokasi di Lampung dan hasil produksinya akan dijual ke Pertamina. Adapun pembangunan pabrik biodiesel itu ditargetkan rampung pada 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maftuh Ihsan
Editor : Taufik Wisastra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper