Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN: Peningkatan di Bandara Kualanamu Diprediksi Capai 12%

Peningkatan total penumpang pada arus mudik tahun ini di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang akan mencapai 12%. Otoritas bandara pun tengah menyiapkan peningkatan layanan untuk mengantisipasi lonjakan tersebut
 Bandara Kualanamu/Bisnis
Bandara Kualanamu/Bisnis

Bisnis.com, MEDAN- Peningkatan total penumpang pada arus mudik tahun ini di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang akan mencapai 12%. Otoritas bandara pun tengah menyiapkan peningkatan layanan untuk mengantisipasi lonjakan tersebut.

Pada tahun lalu, pada puncak arus mudik H -2, Dinas Perhubungan Sumatra Utara mencatat jumlah penumpang mencapai 25.714 orang dengan total 226 penerbangan.

Humas Angkasa Pura II Bandara Kualanamu Wasfan Widodo menuturkan pihaknya telah menyiapkan peningkatan pelayanan, salah satunya peningkatan pelayanan untuk penyandang disabilitas.

"Nantinya bagi penyandang disabilitas kami menyediakan layanan antar jemput antara counter check in dan lounge untuk menunggu. Kami tidak ingin ada lagi penumpang yang sampai meminta kursi roda atau fasilitas lainnya," ujar Wasfan saat dihubungi Bisnis, Jumat (4/7/2014).

Selain itu, otoritas bandara juga akan menyiapkan rambu tambahan seperti untuk area penurunan penumpang dan area penjemputan. Wasfan menambahkan, pihaknya juga bekerja sama dengan Polsek setempat.

"Kerja sama meliputi usaha penertiban lalu lintas, calo tiket, pedagangan asongan, dan area merokok. Hari ini kami menggelar rapat koordinasi Posko Lebaran di Kualanamu," tuturnya lagi.

Adapun, hingga saat ini Wasfan menyebutkan belum menerima data lengkap permintaan penambahan penerbangan dari dan ke Bandara Kualanamu. Kendati begitu, dia mengatakan peningkatan frekuensi penerbangan sangat dimungkinkan.

"Saat ini per jam slot yang ada 23 penerbangan, sementara itu kapasitas maksimalnya mencapai 30 penerbangan per jam. Sangat memungkinkan peningkatan frekuensi. Tapi, kami masih menunggu dari Ditjen Perhubungan Udara," pungkas Wasfan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper