Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Robocon 2014: ITS Wakili Indonesia di Ajang Kontes Robot Asia Pasifik

Kemenangan di KRAI 2014 membuat ITS tampil sebagai wakil Indonesia dalam ajang Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU) Robocon 2014 di Pune, India, pada 24 Agustus mendatang.nn
Suasana KRAI 2014/its.ac.id
Suasana KRAI 2014/its.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, memboyong trofi juara dalam ajang Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 2014.

Kemenangan di KRAI 2014 membuat ITS tampil sebagai wakil Indonesia dalam ajang Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU) Robocon 2014 di Pune, India, pada 24 Agustus mendatang.

Tema perlombaaan internasional tahun ini adalah A Salute to the Parenthood.

Dalam babak final KRAI, Jumat (27/6/2014) di Universitas Negeri Yogyakarta, Robot RINE dari ITS berhasil mengalahkan Robot  El-Tron dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

KRAI, yang sebelumnya bernama Kontes Robot Indonesia (KRI), merupakan kompetisi robotika tahunan antarperguruan tinggi yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rudy Dikairono, dosen pembimbing tim ITS, mengatakan kemenangan ini merupakan buah dari kegigihan, sinergi, dan kerja keras tim dari lima anggota RINE yang berasal dari jurusan yang berbeda.

''Justru dengan perbedaan itu membawa berkah bagi kami. Seiring bertambahnya waktu, kami bisa bersinergi dan menjadi lebih baik,'' katanya sebagaimana dilansir situs www.its.ac.id.

Kemenangan ini mengulang pencapaian serupa pada KRI 2012. Pada waktu itu, ITS juga mengalahkan PENS, yang merupakan tim langganan juara sejak KRI dihelat kali pertama pada 1993.

Namun, PENS—yang sebelumnya bernaung di bawah ITS sebelum dimandirikan pada 2012—merebut kembali “trofi yang hilang” dengan merengkuh juara pada tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper