Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perusahaan Alat Medis Medtronic Akusisi Covidien

Medtronic Inc, produsen perangkat medis terbesar kedua setuju untuk membeli Covidien Plc senilai US$ 42,9 miliar dalam bentuk tunai dan saham setelah perusahaan tersebut menjadi memperluas basisnya dan didukung keuntungan pajak baru.
Annisa Lestari Ciptaningtyas
Annisa Lestari Ciptaningtyas - Bisnis.com 16 Juni 2014  |  15:00 WIB
Perusahaan Alat Medis Medtronic Akusisi Covidien

Bisnis.com, MINNEAPOLIS--Medtronic Inc, produsen perangkat medis terbesar kedua setuju untuk membeli Covidien Plc senilai US$ 42,9 miliar dalam bentuk tunai dan saham setelah perusahaan tersebut menjadi memperluas basisnya dan didukung keuntungan pajak baru.

Bloomberg melaporkan pada Senin (16/6) bahwa Medtronic akan membayar setara dengan US$93,22 untuk setiap lembar saham yang berbasis di Dublin Covidien, atau sekitar 29 persen lebih dari harga penutupan New York Covidien dari $72,02 pada tanggal 13 Juni.

Hal tersebut dinyatakan oleh perusahaan  dalam sebuah pernyataan kemarin. Perusahaan gabungan, yang disebut Medtronic Plc, akan berbasis di Irlandia untuk kepentingan pajak.

Akuisisi tersebut merupakan yang terbesar yang pernah dilakukan Medtronic. Hal ini memberikan perusahaan yang berbasis di Minneapolis tersebut akses ke perlengkapan rumah sakit Covidien, dari stapler bedah untuk ventilator, dan menambah ukuran dan ruang lingkup yang dapat memungkinkan untuk lebih bersaing dengan Johnson & Johnson, perusahaan terbesar perangkat medis.

Pada saat yang sama, penggunaan alamat Covidien di Irlandia bisa membebaskan hampir US$14 miliar pada kas Medtronic yang sekarang kas luar negeri sebagai cara untuk menghindari pajak di bawah hukum AS.

Motivasi utama adalah keselarasan strategis dan operasional, hal tersebut dikatakan oleh Chief Executive Officer Omar Ishrak dalam sebuah wawancara telepon kemarin. "Ini akan mendorong nilai yang lebih baik bagi pasien dan pelanggan di seluruh dunia." Demikian dilansir Bloomberg.

Saham Covidien naik 30 persen dalam perdagangan Jerman untuk setara dengan US$93,64 di 09:10 di Frankfurt. Medtronic naik 2,5 persen menjadi $ 62,22.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

medis

Sumber : Bloomberg

Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top