Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumbar Minta Penyaluran Pupuk Bersubsidi Diperketat

Wakil Gubernur Sumatra Barat mengingatkan bupati/walikota di provinsi tersebut, memantau penyaluran pupuk bersubsidi di daerahnya guna meminimalisir salah sasaran.

Bisnis.com, JAKARTA—Wakil Gubernur Sumatra Barat mengingatkan bupati/walikota di provinsi tersebut, memantau penyaluran pupuk bersubsidi di daerahnya guna meminimalisir salah sasaran.
 
Dia mengatakan selama ini banyak keluhan dari petani menyangkut pupuk bersubsidi yang datang tidak di waktu yang tepat saat petani tengah membutuhkan, sehingga dampaknya akan mengganggu produksi pertanian.
 
“Dari sisi pasokan tidak ada masalah. Persoalannya pupuk bersubsidi acapkali tidak tepat waktu penyalurannya, sehingga merugikan petani,” katanya melalui rilis yang diterima Bisnis.com, Rabu (11/6/2014).
 
Muslim menegaskan harga pupuk bersudsidi masih tetap sama dan tidak terjadi kelangkaan.

Namun sayangnya penyaluran ke petani tidak optimal. Seperti misalnya ketika musim tanam pupuk subsidi jarang beredar, dan baru beredar ketika musim tanam selesai.
 
“Itu tidak benar, bupati/walikota harus pantau dan pastikan penyaluran tepat waktu dan tepat sasaran,” ujarnya dalam rapat koordinasi di Padang.
 
Mantan Bupati Padang Pariaman itu menuturkan ketidaktepatan penyaluran pupuk bersubsidi itu bisa mempengaruhi produksi padi di Sumbar, termasuk dampaknya menekan pendapatan petani.
 
“Bagaimana produksi pertanian bisa meningkat, kalau ketersediaan pupuk yang terjangkau oleh petani jadi penghalang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper