Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obama Bakal Permudah Pinjaman Bagi Mahasiswa

Presiden Amerika Serikat Barack Obama berencana memberi kemudahan untuk menghindari kesulitan bagi kelanganan muda (pelajar/mahasiswa) dalam membayar pinjaman mahasiswa melalui kebijakan eksekutif.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Barack Obama berencana memberi kemudahan untuk menghindari kesulitan bagi kelanganan muda (pelajar/mahasiswa) dalam membayar pinjaman mahasiswa melalui kebijakan eksekutif.

Demikian disampaikan seorang pejabat Gedung Putih yang enggan identitasnya dipublikasikan, dikutip Reuters, Senin (9/6/2014).

Pejabat itu menuturkan Obama akan menandatangani kebijakan yang mengarahkan sekretaris pendidikan memastikan lebih banyak mahasiswa yang mendapat pinjaman langsung dengan limit (cap) pembayaran pinjaman sebesar 10% dari pendapatan bulanan mereka.

Undang-undang Federal saat ini memungkinkan sebagian besar mahasiswa/pelajar mendapatkan pinjaman itu. Kebijakan presiden katanya, akan meningkatkan pembayaran untuk yang meminjam sebelum Oktober 2007, dan meningkatkan jumlah pinjaman bagi yang belum mendapatkannya sejak Oktober 2011.

Pemerintah mengatakan tindakan itu meningkatkan peminjam hingga mencapai 5 juta. “Banyak peminjam yang bekerja keras dan bertanggung jawab melakukan pembayaran bulanan mereka, namun besaran itu memberatkan,” kata pejabat tersebut.

Dia menuturkan kebijakan itu memungkinan jutaan orang (mahasiswa) Amerika mendapatkan pinjaman dengan bunga yang lebih rendah. Pemerintah katanya, tengah mencari cara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Amerika yang lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper