Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Pesawat Melalui Bandara Sultan Hasanuddin Susut 6,6%

Pergerakan pengguna moda transportasi udara yang berangkat melalui Bandara Internasional Sultan Hanasuddin, Makassar, dalam 4 bulan tahun ini turun 6,6% menjadi 1,03 juta penumpang dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 1,2 juta penumpang.

Bisnis.com, MAKASSAR - Pergerakan pengguna moda transportasi udara yang berangkat melalui Bandara Internasional Sultan Hanasuddin, Makassar, dalam 4 bulan tahun ini turun 6,6% menjadi 1,03 juta penumpang dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 1,2 juta penumpang.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Sulsel, penurunan penumpang pesawat terjadi pada seluruh penerbangan, baik domestik maupun internasional.

Sepanjang empat bulan pertama tahun ini, jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin untuk rute domestik mencapai 1,02 juta orang, bergerak turun 6,39% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 1,08 juta penumpang.

Kondisi yang juga terjadi pada penumpang pesawat dengan rute internasional yang menyusut hingga 18,21% menjadi 12.772 orang sepanjang Januari-April 2014.

Operator Bandara Sultan Hasanuddin, PT Angkasa Pura I (Persero) menyatakan menusutnya pergerakan penumpang pesawat itu dipicu oleh penutupan sejumlah rute oleh sejumlah maskapai.

General Manager AP I Cabang Bandara Sultan Hasanuddin Rachman Syafrie mengemukakan penurunan penumpang tersebut juga dipicu oleh periode penerbangan yang masuk dalam low season pada empat bulan pertama tahun ini.

"Tetapi memang yang paling mempengaruhi itu karena ada penutupan rute, seperti Merpati dan Air Asia Indonesia yang tidak lagi melayani penerbangan dari Makassar ke sejumlah kota," ucapnya kepada Bisnis, Selasa (3/6/2014).

Menurutnya, pergerakan penumpang diperkirakan bakal kembali meningkat mulai bulan ini seiring dengan masuknya musim liburan maupun periode mudik lebaran 2014.

Adapun secara keseluruhan, lanjut Rachman, perseroan menargetkan penumpang pesawat udara yang berangkat, datang maupun transit melalui Bandara Sultan Hasanuddin sebanyak 11,2 juta orang hingga akhir tahun ini.

Sepanjang tahun lalu, total pengguna transportasi udara yang menggunakan jasa Bandara Sultan Hasanuddin mencapai 9,6 juta orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 94.759 pergerakan.

Kepala BPS Sulsel Nursam Salam mengemukakan kecenderungan penurunan penumpang pesawat udara telah menunjukkan penurunan sejak awal tahun ini.

Dia memaparkan, pada posisi April 2014 jumlah penumpang pesawat yang berangkat, datang maupun transit di Bandara Sultan Hasanuddin sebanyak 645.146 orang, turun 8,23% dari bulan sebelumnya yang mencapai 703.011 orang.

"Secara rerata, penurunan penumpang pada April itu turun 7% baik untuk yang berangkat, datang maupun penumpang transit," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper