Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TAMAN PINTAR Yogyakarta Buka Layanan Senin, Antisipasi Kunjungan Membludak

Taman Pintar, tempat wisata edukasi di Kota Yogyakarta, akan membuka layanan pada Senin untuk mengantisipasi kepadatan jumlah pengunjung agar tetap nyaman saat menikmati berbagai wahana yang ada.
Biasanya, pengunjung yang datang adalah rombongan anak sekolah. /bisnis.com
Biasanya, pengunjung yang datang adalah rombongan anak sekolah. /bisnis.com

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Taman Pintar, tempat wisata edukasi di Kota Yogyakarta, akan membuka layanan pada Senin untuk mengantisipasi kepadatan jumlah pengunjung agar tetap nyaman saat menikmati berbagai wahana yang ada.

"Kami sudah membuka layanan pada Senin (26/5) dan pada bulan depan, kami akan tetap buka pada 16 dan 23 Juni. Biasanya, setiap Senin, Taman Pintar tutup untuk proses perawatan berbagai wahana," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar, Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Selasa (27/5/2014).

Menurut dia, Taman Pintar akan terus dipadati pengunjung hingga menjelang bulan Puasa dengan kenaikan jumlah pengunjung bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat dibanding rata-rata harian yaitu 2.000 - 3.000 orang.

Yunianto mengatakan dengan luas Taman Pintar yang terbatas, yaitu sekitar 1,2 hektare maka kondisi ideal jumlah pengunjung tiap hari adalah sekitar 3.000 orang.

Pada akhir pekan lalu, jumlah pengunjung di Taman Pintar mencapai lebih dari 7.000 orang per hari. "Jika terlalu padat, kami khawatir pengunjung justru merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, kami menyiasatinya dengan membuka layanan pada Senin supaya ada pemerataan pengunjung, tidak menumpuk pada hari-hari tertentu saja," kata Yunianto.

Dia menambahkan upaya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada pengunjung dilakukan melalui kerja sama dengan Polresta Yogyakarta dan memberikan pembatas jalan portabel di Jalan Senopati yang selalu padat dengan kendaraan.

"Taman Pintar tidak menambah jumlah tenaga keamanan dan pemandu, namun memaksimalkan tenaga yang sudah ada dan membekali mereka dengan fasilitas pendukung seperti handy talkie dan akomodasi lain," katanya.

Saat hari libur Isra Miraj dan Kenaikan Isa Almasih seperti pada pekan terakhir Mei, Yunianto menyebut, wisatawan yang berkunjung ke Taman Pintar akan didominasi oleh keluarga yang sedang berlibur di Yogyakarta.

"Biasanya, pengunjung yang datang adalah rombongan anak sekolah, namun saat libur seperti pekan terakhir Mei ini, akan didominasi oleh keluarga," katanya.

Wahana baru di Taman Pintar, yaitu Wahana Bahari menjadi salah satu wahana favorit yang banyak dikunjungi wisatawan khususnya anak-anak karena pengunjung bisa menikmati alat peraga sekaligus diperkenalkan dengan ilmu bahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper