Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INVESTASI PELABUHAN: Australia Diundang Berbisnis di Kuala Tanjung

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo ) I Medan mengajak pemerintah Australia mengembangkan potensi bisnis di Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatra Utara.
Pelabuhan Kuala Tanjung/kualatanjung.inaport1.co.id
Pelabuhan Kuala Tanjung/kualatanjung.inaport1.co.id

Bisnis.com, MEDAN –- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo ) I Medan mengajak pemerintah Australia mengembangkan potensi bisnis di Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatra Utara.

Direktur Bisnis Pelindo I Medan Syahputra Sembiring mengajak pemerintah Australia ikut berinvestasi mengembangkan pelabuhan yang dikelola Pelindo I khususnya Pelabuhan Kuala Tanjung yang akan dijadikan hub internasional.

Menurut dia, jajaran manajemen Pelindo I sudah mendiskusikan pengembangan usaha dan potensi bisnis di Pelabuhan Belawan serta Pelabuhan Kuala Tanjung bersama Austrade pekan lalu.

“Tahun lalu kami baru memperpanjang dermaga sepanjang 100 meter di Belawan International Container Terminal, dan tahun ini kami mulai membangun perpanjangan dermaga 350 meter lagi dan 350 meter akan dibangun Kementerian Perhubungan,” ujar Syahputra, Minggu (18/5/2014).

Austrade (Australian Trade Comission) adalah lembaga di bawah Pemerintah Australia yang memberikan kontribusi untuk kemakmuran ekonomi Australia dengan membantu pelaku bisnis Australia, institusi pendidikan, pelaku bisnis wisata, pemerintah dan warga Australia dengan melakukan pengembangan pasar internasional, investasi, promosi pendidikan internasional, menguatkan industri wisata Australia, konsulat dan pelayanan pengurusan paspor.

David Landers, GM for East Asian Growth Markets didampingi Andree Surianta, Business Development Manager Austrade diterima Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana; Direktur Bisnis, Syahputra Sembiring; dan Direktur SDM dan Umum, Hamied Wijaya di Kantor Pusat Pelindo I, pekan lalu.

David Landers menyampaikan bahwa maksud kedatangannya adalah untuk menjalin kerja sama dengan Pelindo I.

“Kami ingin lebih mengerti potensi pelabuhan di Sumatera Utara dalam perspektif bisnis, pengembangan pelabuhan di Sumut, proyek yang sedang dilakukan saat ini dan bagaimana kami bisa turut terlibat mendukung proyek tersebut,” kata Landers pada pertemuan tersebut.

Proyek pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung cukup menarik banyak investor baik lokal maupun global.

“Sebelumnya, pengusaha China, Timur Tengah dan Hungaria serta Port Of Rotterdam, Pelabuhan terbesar di Eropa juga pernah menjajaki investasi di Pelabuhan Kuala Tanjung.

Pelabuhan Kuala Tanjung mempunyai potensi bisnis yang besar. Di Pelabuhan Kuala Tanjung akan dibangun Terminal Petikemas dan Terminal Curah Cair untuk minyak sawit.

“Tahun ini kami akan memulai pembangunan Terminal Curah Cair, yang tentunya akan dilaksanakan bila persyaratan termasuk perizinan sudah diperoleh,” kata Syahputra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Master Sihotang
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper