Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KTT Asean: Didaulat Sebagai Paman Asean, SBY Panen Ucapan Terima Kasih

Di sela KTT Asean ke -24, para pemimpin negara anggota Asean mengucapkan terima kasih atas peran aktif Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Asean selama 10 tahun kepemimpinannya.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 11 Mei 2014  |  17:48 WIB
Presiden SBY - Bisnis.com
Presiden SBY - Bisnis.com

Bisnis.com, NAY PYI TAW, MYANMAR -- Di sela KTT Asean ke -24, para pemimpin negara anggota Asean mengucapkan terima kasih atas peran aktif Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Asean selama 10 tahun kepemimpinannya.

KTT kali ini akan menjadi yang terakhir bagi Presiden SBY mengingat suksesi kepemimpinan di Indonesia Oktober mendatang.

Presiden Republik Uni Myanmar U Thein Sein mengatakan SBY tidak hanya memberikan ruang bagi demokrasi, pertumbuhan, stabilitas dan kesejahteraan di Indonesia, tetapi juga kepada Asean.

“Saya yakin Anda akan dapat melanjutkannya dengan memberikan saran yang bernilai kepada Asean," kata Thein di sela Asean Leaders Reatreat, Minggu (11/5/2014).

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak berterima kasih kepada SBY untuk usahanya yang tidak kenal lelah membangun masyarakat Asean dalam 10 tahun terakhir.

"Kami sangat menghargai kontribusinya pada masa lalu dan saat ini terhadap Asean, dan kami berharap akan berlanjut dalam kapasitas yang berbeda," ujarnya.

Presiden Filipina Benigno Aquino menyebut Presiden Yudhoyono tidak hanya 'saudara tetapi juga paman' bagi negara anggota Asean serta 'sahabat sejati' Filipina.

Merespons ini, SBY melabeli Asean sebagai 'komunitas yang saling peduli dan berbagi', serta mengapresiasi kemampuan anggotanya mendapatkan 'titik temu' bagi semua kepentingan nasional yang berbeda.

Lebih jauh, Kepala Negara meminta koleganya untuk tidak mudah didikte 'kekuatan luar' dan melanjutkan dorongan moral untuk mengingatkan setiap orang akan bahaya konflik.

"Kita tak bisa didikte oleh luar tentang demokrasi, hak asasi manusia atau apa pun," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

susilo bambang yudhoyono ktt asean 2014
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top