Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Kuliah di UI? Ini Info Pendaftaran Berikut Syaratnya

Universitas Indonesia (UI) kembali membuka pendaftaran Seleksi Masuk (Simak) dan pendaftaran Simak UI secara online melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id mulai 5 Mei 2014 sampai dengan 6 Juni 2014.
 Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) kembali membuka pendaftaran Seleksi Masuk (Simak) dan pendaftaran Simak UI secara online melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id mulai 5 Mei 2014 sampai dengan 6 Juni 2014.

Menurut situs resmi UI, proses pendaftaran untuk studi di UI tanpa diskriminasi dan membedakan kemampuan ekonomi keluarga itu dilanjutkan dengan ujian tertulis Vokasi (D3), S1 Reguler dan S1 Paralel pada 22 Juni 2014 di 17 kota di seluruh Indonesia.

Ujian Simak UI tersebut dilaksanakan di sekolah di 17 kota yakni DKI Jakarta (Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat), Tangerang Selatan, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Serang, Cirebon, Jogjakarta, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Medan, Padang, Bukittinggi, Pekanbaru, dan Palembang.

Sementara itu, untuk ujian S1 Kelas Internasional dilaksanakan pada 15 Juni 2014, yang pengumuman hasilnya dapat diakses secara online di http://penerimaan.ui.ac.id pada 23 Juli 2014. Sedangkan lokasi ujian Simak Kelas Internasional pada 15 Juni 2014 dilaksanakan di Kampus UI Depok.

Adapun biaya pendaftaran sebesar Rp300.000 untuk program IPA/IPS (2 pilihan pertama) dan Rp350.000 untuk program IPC serta peserta Simak UI Kelas Internasional dapat memilih 1 program studi dengan biaya pendaftaran sebesar Rp1 juta.

Materi pelajaran yang diujikan dalam Simak UI 2014 untuk kelompok IPA yaitu Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris dan kemampuan IPA adalah Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, dan IPA Terpadu, serta kelompok IPS adalah kemampuan dasar dan kemampuan IPS (Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan IPS Terpadu).

Kelompok IPC yang diujikan adalah kemampuan IPA, kemampuan IPS dan kemampuan Dasar. Sedangkan materi ujian bagi peserta Kelas Internasional adalah Mathematics for Natural Science, Biology, Physics, Chemistry, and Integrated Natural Sciences (Kemampuan IPA) dan Basic Mathematics, Economy, Indonesia and The World A, Indonesia and The World B, and Integrated Social Sciences.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper