Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Kiat RI Agar Sukses dalam Perdagangan Internasional

Pemerintah akan memfokuskan diri pada 7 aspek untuk menyukseskan kiprah Indonesia dalam intergrasi perdagangan internasional.
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 21 April 2014  |  15:40 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah akan memfokuskan diri pada 7 aspek untuk menyukseskan kiprah Indonesia dalam intergrasi perdagangan internasional.

Wamen Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan aspek pertama adalah regulasi, yang memastikan perdagangan Indonesia tidak hanya menjadi lebih bebas, tapi juga lebih adil dan dapat dinikmati oleh seluruh kalangan.

Kedua adalah aspek promosi dan fasilitasi perdagangan. Ketiga, pembentukan perlindungan perdagangan melalui berbagai instrumen proteksi. Keempat, peningkatan negosiasi perdagangan di tingkat internasional.

Kelima adalah proteksi dan pemberdayaan konsumen. “Karena konsumen adalah pemain terbesar dalam perekonomian kita,” kata Bayu di sela-sela perayaan HUT ke-50 UNCTAD, Senin (21/4/2014).

Adapun, aspek keenam adalah peningkatan jasa perdagangan yang selama ini masih didominasi perusahaan asing, dan ketujuh adalah penguatan basis data dan informasi perdagangan.

Menurut Bayu, tantangan dalam perdagangan internasional saat ini dipicu oleh perbedaan tingkat pembangunan antarnegara.

“Angka produksi di setiap negara juga fluktuatif, tapi pada saat bersamaan permintaan terus meningkat. Selain itu, masalah global supply chains juga menjadikan perdagangan internasional kian kompleks,” lanjutnya.

Tantangan lainnya adalah pertumbuhan kepentingan pribadi setiap negara yang memciu maraknya kebijakan restriktif dalam perdagangan internasional beberapa tahun belakangan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perdagangan internasional
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top