Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Kiat RI Agar Sukses dalam Perdagangan Internasional

Pemerintah akan memfokuskan diri pada 7 aspek untuk menyukseskan kiprah Indonesia dalam intergrasi perdagangan internasional.

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah akan memfokuskan diri pada 7 aspek untuk menyukseskan kiprah Indonesia dalam intergrasi perdagangan internasional.

Wamen Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan aspek pertama adalah regulasi, yang memastikan perdagangan Indonesia tidak hanya menjadi lebih bebas, tapi juga lebih adil dan dapat dinikmati oleh seluruh kalangan.

Kedua adalah aspek promosi dan fasilitasi perdagangan. Ketiga, pembentukan perlindungan perdagangan melalui berbagai instrumen proteksi. Keempat, peningkatan negosiasi perdagangan di tingkat internasional.

Kelima adalah proteksi dan pemberdayaan konsumen. “Karena konsumen adalah pemain terbesar dalam perekonomian kita,” kata Bayu di sela-sela perayaan HUT ke-50 UNCTAD, Senin (21/4/2014).

Adapun, aspek keenam adalah peningkatan jasa perdagangan yang selama ini masih didominasi perusahaan asing, dan ketujuh adalah penguatan basis data dan informasi perdagangan.

Menurut Bayu, tantangan dalam perdagangan internasional saat ini dipicu oleh perbedaan tingkat pembangunan antarnegara.

“Angka produksi di setiap negara juga fluktuatif, tapi pada saat bersamaan permintaan terus meningkat. Selain itu, masalah global supply chains juga menjadikan perdagangan internasional kian kompleks,” lanjutnya.

Tantangan lainnya adalah pertumbuhan kepentingan pribadi setiap negara yang memciu maraknya kebijakan restriktif dalam perdagangan internasional beberapa tahun belakangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper