Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertanian & Perkebunan Masih Jadi Unggulan Sumut

Untuk mendongkrak pertumbuhan dan potensi ekonomi di Sumatra Utara, sektor pertanian dan perkebunan masih menjadi unggulan.

Bisnis.com, MEDAN--Untuk mendongkrak pertumbuhan dan potensi ekonomi di Sumatra Utara, sektor pertanian dan perkebunan masih menjadi unggulan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX Sumut-Aceh Difi A. Johansyah memaparkan, beberapa komoditas pertanian dan perkebunan yang memiliki prospek dan potensi baik di antaranya padi sawah, kelapa sawit, karet, dan cabai.

"Pada tahun lalu, kami menyelesaikan penelitian komoditas, produk, jenis usaha unggulan di Sumut. Hasilnya, sektor pertanian dan perkebunan masih mendominasi dengan potensi sangat tinggi," tutur Difi, Minggu (6/4/2014).

Adapun, penelitian KPJU tersebut telah dilakukan bertahap oleh BI sejak 2010 hingga 2013. Pada 2010, obyek penelitian berfokus pada tiga kabupaten dan kota, dilanjutkan dengan 10 kabupaten dan kota pada 2011 dan 2012. Pada tahun lalu, melibatkan 20 kabupaten dan kota.

Berdasarkan penelitian tersebut, BI mengidentifikasi 10 KPJU di Sumut yakni padi sawah, kelapa sawit, karet, penangkapan ikan laut, wisata pantai, peternakan babi, perdagangan hasil pertanian, cabai, industri makanan, dan jagung.

"Dari 10 KPJU tersebut, kelapa sawit memiliki prospek sangat baik dengan potensi sangat tinggi, diikuti oleh karet, padi sawah, perdagangan hasil pertanian, dan cabai merah dengan prospek baik dan potensi sangat tinggi," pungkas Difi.

Selain itu, untuk peternakan babi memperoleh penilaian prospek cukup dengan potensi sedang, dan wisata pantai dengan prospek baik, tapi potensi sedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper