Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebakaran Hujan, TNI Terjunkan 78 Personil Bantu Pemadaman

Komandan Satgas Penanggulangan Bencana Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto memerintahkan 78 prajurit TNI untuk melaksanakan pergeseran wilayah operasi ke wilayah Dumai untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan.
Kebakaran hutan dan kabut asap/Antara
Kebakaran hutan dan kabut asap/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Komandan Satgas Penanggulangan Bencana Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto memerintahkan 78 prajurit TNI untuk melaksanakan pergeseran wilayah operasi ke wilayah Dumai untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

Menurut keterangan dari Pusat Penerangan TNI, pergeseran prajurit ini merupakan pertimbangan dari pimpinan TNI dan Polri serta BNPB yang bertugas di Posko Satgas Terpadu Penanggulangan Bencana Asap untuk memperkuat pasukan di Dumai.
 
Pergeseran personel TNI dilakukan dengan dua tahap.  Pertama, pada Rabu siang (26/3/2014) sebanyak 50 prajurit TNI dari wilayah Minas bergerak menuju Desa Pelintung, Dumai.  Kedua, Kamis dini hari (27/3/2014) sebanyak 28 prajurit TNI dari Perawang bergerak menuju Bengkalis.

Kini total prajurit TNI yang bertugas di wilayah Dumai adalah 475 personel. Dengan adanya pergeseran prajurit ini diharapkan dapat mengatasi kebakaran lahan dan hutan di wilayah tersebut.

Sebelumnya, seusai melakukan video conference bersama jajaran pemerintah pusat dan daerah Riau yang dilaksanakan pada 14 Maret 2014, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan akan menambah bantuan 1 brigade TNI yang terdiri dari 2 batalyon TNI AD, 1 batalyon Marinir TNI AL, dan 1 batalyon Paskhas TNI AU.

Selain itu, dia mengatakan juga akan menambahan pengerahan transportasi darat dan udara untuk memobilisasi perlengkapan yang dibutuhkan prajurit TNI dalam melaksanakan tugas operasi terpadu. Sehingga, peningkatan intensitas water bombing dan pemadaman manual.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper