Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puing MH370: 15 Kecelakaan Pesawat Boeing Selama 3 Tahun Terakhir

Pesawat Boeing 777 diklaim memiliki catatan keamanan yang baik, dengan tingkat kecelakaan seperempat dari total laju pesawat.
Malaysia Airlines MH 370/dailymail
Malaysia Airlines MH 370/dailymail

Bisnis.com, JAKARTA - Pesawat Boeing 777 diklaim memiliki catatan keamanan yang baik, dengan tingkat kecelakaan seperempat dari total laju pesawat.

Berbagai teori bermunculan terkait dengan kegagalan mekanis atau struktural yang bisa memberikan kontribusi terhadap hilangnya pesawat jet penumpang Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370.

Jika memang hilangnya MH370 juga disebabkan faktor mekanik dan struktur dari Boeing, maka hal itu akan menjadi yang terbaru dalam daftar panjang masalah yang telah menimpa pesawat Boeing dalam beberapa tahun terakhir.

Berikut adalah beberapa kecelakaan pesawat Boeing, seperti dikutip dari dailymail, Jumat (21/3/2014):

1. 28 Juli 2012: Sebuah poros fan gagal selama tes runway dari Boeing 787 di Carolina Selatan.

2. Desember 2012: A 787 Dreamliner terpaksa melakukan pendaratan darurat di New Orleans.

3. 7 Januari 2013: Sebuah penerbangan Dreamliner kosong meledak dan terbakar di bandara Boston.

4. 15 Januari 2013: Sebuah penerbangan melakukan pendaratan darurat di Jepang setelah alarm asap berbunyi. Rentetan insiden itu menyebabkan regulator memesan landasan global seluruh armada Dreamliner, yang berlangsung selama empat bulan.

5. 2 Juni 2013: Masalah pada baterai - dilaporkan pada pesawat Japan Airlines memaksa maskapai untuk menggunakan sebuah pesawat alternatif.

6. 12 Juni 2013: Sebuah penerbangan di Jepang dibatalkan setelah salah satu mesin gagal saat hendak dihidupkan.

7. 18 Juni 2013: Sebuah penerbangan United Airlines dialihkan ke Seattle karena masalah filter bahan bakar.

8. 24 Juni 2013: Sebuah Dreamliner dioperasikan oleh United Airlines harus melakukan pendaratan darurat di Denver, karena masalah rem.

9. 3 Juli 2013: LOT Polish maskapai membatalkan penerbangan Dreamliner ke Chicago karena pesawat menghadapi 'masalah dengan power supply '.

10. 12 Juli 2013: Pesawat Ethiopian Airlines terbakar di landasan di Heathrow, memaksa penutupan seluruh bandara.

11. 18 Juli 2013: Pesawat Japan Airlines menuju Tokyo harus kembali ke bandara Logan Boston setelah take- off, karena masalah mungkin dengan pompa bahan bakar.

12. 26 Juli 2013: Qatar Airways menarik pesawat keluar dari layanan 'setelah asap dilaporkan dekat kompartemen listrik'.

13. Oktober 2013: Dua Dreamliner memaksa untuk meninggalkan penerbangan, karena masalah dengan toilet dan sistem de-icing.

14. 14 Januari 2014: Norwegia Airlines Boeing 787 sedang mempersiapkan untuk lepas landas dari Bangkok dalam perjalanan menuju Oslo pada Minggu ketika penumpang Ann Kristin Balto melihat bahwa bahan bakar bocor ke landasan pacu.

15. 8 Maret 2014: Japan Airlines Boeing 787 yang dioperasikan melakukan pendaratan darurat di Honolulu Airport setelah tekanan oli di mesin kanan turun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper