Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Salurkan Rp13,5 Miliar untuk Toba Samosir

Pemkab Toba Samosir, Sumatra Utara, menerima alokasi dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) sebesar Rp13,5 miliar sebagai bantuan pemerintah pusat yang bersumber dari APBN.

Bisnis.com, JAKARTA - Pemkab Toba Samosir, Sumatra Utara menerima alokasi dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) sebesar Rp13,5 miliar sebagai bantuan pemerintah pusat yang bersumber dari APBN.

"Alokasi anggaran dengan total sebesar Rp13,5 miliar ini diharapkan mampu mendukung upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan dan pengurangan angka pengangguran di kabupaten ini," kata Sekretaris Daerah Toba Samosir Liberty Manurung di Balige, seperti dikutip Antara, Kamis (20/3/2014).

Untuk mendukung alokasi dana itu, kata dia, pemda setempat telah menyiapkan dana daerah urusan bersama PNPM-MPd melalui APBD sebesar Rp2,38 miliar. Selain itu, lanjutnya, Pemkab Toba Samosir juga menerima bantuan langsung masyarakat dana operasional (BLM DOK) sebesar Rp1,23 miliar.

Sebelumnya, pada rapat koordinasi dengan para pelaku PNPM-MPd se Kabupaten Toba Samosir di Balige Rabu (19/3), Liberty meminta agar pemanfaatan alokasi anggaran tersebut dapat dioptimalkan, sehingga program dimaksud dapat terlaksana dengan baik.

Menurutnya, strategi PNPM menjadikan masyarakat miskin sebagai kelompok sasaran dengan penekanan pada aspek pemberdayaan, telah menguatkan sistem pembangunan partisipatif, yang dengan sendirinya dapat mewujudkan tercapainya kemandirian yang berkelanjutan.

Dia mengatakan tidak dapat dipungkiri pelaksanaan program PNPM-MPd di daerah itu menghadapi hambatan dan tantangan, sehingga diperlukan rencana kerja prioritas dengan memanfaatkan keterbatasan.

Liberty menginstruksikan para pelaku PNPM-MPd dalam wilayah setempat mampu menjaga kepercayaan yang diberikan dalam melaksanakan program yang dicanangkan, sebab alokasi dana yang diperoleh tersebut merupakan pinjaman dari luar negeri.

Dia juga meminta agar perhatian khusus diberikan dalam penanganan dan pengembalian Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di Kabupaten Toba Samosir.

"Sebagaimana visi dan misi PNPM, maka melalui program ini, masyarakat harus mampu memenuhi kebutuhan dasar serta mengorganisir diri dalam memobilisasi sumber daya yang ada," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper