Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alasan 2 Benda yang Diduga Puing MH 370 Bakal Sulit Ditemukan

Dua benda yang mungkin puing dari Malaysia Airlines MH 370 terlihat mengambang di Samudera Hindia (barat daya Perth, Australia).
Malaysia Airlines MH 370/Reuters
Malaysia Airlines MH 370/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Dua benda yang mungkin puing dari Malaysia Airlines MH 370 terlihat mengambang di Samudera Hindia (barat daya Perth, Australia).

Pemerintah Australia merilis gambar yang diambil satelit pada 16 Maret 2014, kemungkinan puing MH 370, berada sekitar 2.500 km barat daya Perth -salah satu daerah yang paling terpencil di muka bumi ini.

Satu benda yang terdeteksi itu berukuran panjang 24 meter dan yang satunya hanya 5 meter, dikatakan Perdana Menteri Australia Tony Abbott 'kredibel dan berpotensi penting'.

Pesawat pencari dan kapal angkatan laut dari AS, Australia, Selandia Baru, Malaysia dan Inggris dikirim ke daerah tersebut, dengan ping radar yang signifikan dilaporkan dikembalikan ke satu pesawat pengintai AS dari lokasi objek itu.
 
Seperti dilansir dari dailymail, Kamis (20/3/2014), seorang pakar mengatakan pencariann itu bisa memakan waktu dua hari untuk menemukan objek dan mengkonfirmasi hasil pencarian itu.

Michael Daniel, seorang pensiunan pejabat Amerika Serikat Federal Aviation Administration mengatakan kepada The Straits Times: "Jika mereka memiliki dugaan kuat atau indikasi bahwa puing-puing itu adalah bagian dari pesawat, salah satu hal pertama pemerintah akan lakukan adalah penurunan pelampung sonar di dalam air."

"Jika kotak hitam ada di situ, pelampung harus mampu mengambil sinyal. Ini bisa memakan waktu hingga 48 jam, tetapi itu semua tergantung pada seberapa dekat atau jauh kapal dan aset lainnya."

Salah satu pesawat pengintai telah menyelesaikan sapuan area pencarian dan gagal menemukan objek . Hal itu dilaporkan terhambat oleh visibilitas yang rendah.

Daerah ini begitu jauh -jarak dari Perth ke tempat puing itu setara dengan jarak dari London ke Moskow- bahwa pesawat hanya akan dapat menghabiskan waktu terbatas di sana sebelum perlu kembali ke pangkalan untuk mengisi bahan bakar.

John Young dari Otoritas Keselamatan Maritim Australia mengatakan pada sebuah konferensi pers, pesawat sudah di wilayah akan bergabung dengan tiga pesawat lainnya. Sebuah kapal dikirim dalam operasi pencarian juga akan tiba sekitar pukul 06.00 Waktu Canberra atau waktu 10.00 Inggris.

"Saya harus menekankan bahwa benda-benda ini mungkin sangat sulit untuk ditemukan," katanya kepada wartawan.

Young menegaskan bahwa itu terlalu dini untuk mengatakan apakah objek terlihat di satelit berasal dari MH370.

"Foto yang diambil oleh satelit mungkin tidak terkait dengan pesawat," katanya. "Benda-benda relatif tidak jelas. Mereka mungkin tidak berhubungan dengan pencarian."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper