Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alasan 2 Benda yang Diduga Puing MH 370 Bakal Sulit Ditemukan

Dua benda yang mungkin puing dari Malaysia Airlines MH 370 terlihat mengambang di Samudera Hindia (barat daya Perth, Australia).
Sepudin Zuhri
Sepudin Zuhri - Bisnis.com 20 Maret 2014  |  18:44 WIB
Alasan 2 Benda yang Diduga Puing MH 370 Bakal Sulit Ditemukan
Malaysia Airlines MH 370 - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dua benda yang mungkin puing dari Malaysia Airlines MH 370 terlihat mengambang di Samudera Hindia (barat daya Perth, Australia).

Pemerintah Australia merilis gambar yang diambil satelit pada 16 Maret 2014, kemungkinan puing MH 370, berada sekitar 2.500 km barat daya Perth -salah satu daerah yang paling terpencil di muka bumi ini.

Satu benda yang terdeteksi itu berukuran panjang 24 meter dan yang satunya hanya 5 meter, dikatakan Perdana Menteri Australia Tony Abbott 'kredibel dan berpotensi penting'.

Pesawat pencari dan kapal angkatan laut dari AS, Australia, Selandia Baru, Malaysia dan Inggris dikirim ke daerah tersebut, dengan ping radar yang signifikan dilaporkan dikembalikan ke satu pesawat pengintai AS dari lokasi objek itu.
 
Seperti dilansir dari dailymail, Kamis (20/3/2014), seorang pakar mengatakan pencariann itu bisa memakan waktu dua hari untuk menemukan objek dan mengkonfirmasi hasil pencarian itu.

Michael Daniel, seorang pensiunan pejabat Amerika Serikat Federal Aviation Administration mengatakan kepada The Straits Times: "Jika mereka memiliki dugaan kuat atau indikasi bahwa puing-puing itu adalah bagian dari pesawat, salah satu hal pertama pemerintah akan lakukan adalah penurunan pelampung sonar di dalam air."

"Jika kotak hitam ada di situ, pelampung harus mampu mengambil sinyal. Ini bisa memakan waktu hingga 48 jam, tetapi itu semua tergantung pada seberapa dekat atau jauh kapal dan aset lainnya."

Salah satu pesawat pengintai telah menyelesaikan sapuan area pencarian dan gagal menemukan objek . Hal itu dilaporkan terhambat oleh visibilitas yang rendah.

Daerah ini begitu jauh -jarak dari Perth ke tempat puing itu setara dengan jarak dari London ke Moskow- bahwa pesawat hanya akan dapat menghabiskan waktu terbatas di sana sebelum perlu kembali ke pangkalan untuk mengisi bahan bakar.

John Young dari Otoritas Keselamatan Maritim Australia mengatakan pada sebuah konferensi pers, pesawat sudah di wilayah akan bergabung dengan tiga pesawat lainnya. Sebuah kapal dikirim dalam operasi pencarian juga akan tiba sekitar pukul 06.00 Waktu Canberra atau waktu 10.00 Inggris.

"Saya harus menekankan bahwa benda-benda ini mungkin sangat sulit untuk ditemukan," katanya kepada wartawan.

Young menegaskan bahwa itu terlalu dini untuk mengatakan apakah objek terlihat di satelit berasal dari MH370.

"Foto yang diambil oleh satelit mungkin tidak terkait dengan pesawat," katanya. "Benda-benda relatif tidak jelas. Mereka mungkin tidak berhubungan dengan pencarian."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

malaysia airlines
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top