Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awasi Penegak Hukum, Kompolnas Gandeng 19 Perguruan Tinggi

Komisi Kepolisian Nasional bekerja sama dengan 19 perguruan tinggi negeri dan swasta yang tersebar di seluruh Indonesia guna mengawasi kinerja lembaga penegak hukum di Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional bekerja sama dengan 19 perguruan tinggi negeri dan swasta yang tersebar di seluruh Indonesia guna mengawasi kinerja lembaga penegak hukum di Indonesia.

Untuk meresmikan kerja sama itu, Kompolnas menandatangi memorandum of understanding (MoU) bersama dengan perwakilan lembaga komisi negara dan perguruan tinggi yang diselenggarakan di Gedung Mutiara PTIK, Jakarta, Senin (10/3/2014)

Menurut komisioner Kompolnas Adrianus Meliala, penandatangan nota kesepahaman ini merupakan kelanjutan dari kerja sama yang telah dilakukan oleh Kompolnas pada 2013 bersama dengan 13 perguruan tinggi.

"Kompolnas merasa perlu melakukan perluasan jangkauan sehingga berbagai lapisan masyarakat dapat memiliki akses bagi suatu pelayanan kepolisian yang lebih baik," jelas Adrianus saat ditemui di PTIK, Jakarta, Senin (10/3/2014)

Adrianus mengaku untuk mengawasi kasus yang berkaitan dengan kepolisian memang sulit tercapai dan Kompolnas masih sehingga Kompolnas perlu bekerja sama dengan perguruan tinggi guna memaksimalkan pengawasan.

Dalam kerja sama ini, Kompolnas memiliki kewenangan menerima pengaduan masyarakat mengenai polisi antara lain menyangkut hal mengenai pelayanan buruk, dugaan korupsi, penyalahgunaan wewenang, dan tindakan yg diskriminatif.

Namun, lanjut Adrianus, nantinya pihak perguruan tinggi tidak memiliki wewenang apa pun. Sebagai mitra, perguruan tinggi hanya melakukan publikasi agar masyarakat pengadu mendatangi dan memperjelas keluhannya kepada Kompolnas.

"Mitra tidak boleh melakukan kegiatan penyidikan sendiri terkait kasus dengan mengatasnamakan Kompolnas, itu supaya tidak menimbulkan masalah hukum yang tidak perlu," tambahnya.

Selain sebagai tempat pengaduan keluhan masyarakat, kerjasama ini juga mencakup kegiatan lain, seperti menjadikan Kompolnas sebagai lokasi magang, menjadi lokasi studi bagi mahasiswa tingkat akhir, menjadi tujuan karya wisata, dan juga memperoleh publikasi Kompolnas.

Beberapa perguruan tinggi negeri yang bekerja sama dengan Kompolnas antara lain Universitas Lampung, Universitas Jambi, Universitas Bengkulu, Universitas Palangkaraya, Universitas Udayana, Universitas Pattimura, dan Universitas Cendrawasih.

Perguruan tinggi swasta yang turut bekerja sama antara lain Universitas Akhmad Dahlan, Universitas Kristen Artha Wacana, dan Universitas Internasional Batam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper