Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bila Terjadi Perang, Inilah Perbandingan Kekuatan Ukraina dan Rusia

Seperti apa perbandingan kekuatan pasukan tempur kalau pecah perang antara Rusia dan Ukraina? Inilah sekedar data kalau Anda ingin melihat perbandingan antara kedua kekuatan yang dulu bersatu di bawah payung negara Uni Soviet tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA—Seperti apa perbandingan kekuatan pasukan tempur, kalau pecah perang antara Rusia dan Ukraina? Inilah sekedar data kalau Anda ingin melihat perbandingan antara kedua kekuatan yang dulu bersatu di bawah payung negara Uni Soviet tersebut.

Pada 2012, jumlah anggota pasukan aktif Rusia tercatat 845.000, sedangkan Ukraina hanya memiliki 130.000 pasukan tempur, menurut sumber sumber referensi Europa World sebagaimana dikutip CNN.com, Selasa (4/3/2014).

Soal anggaran perang, Rusia memiliki anggaran pertahanan sebesar US$78 miliar pada 2012, sedangkan Ukraina jauh di bawah angka tersebut, yakni sebesar US$1,6 miliar pada tahun yang sama.

Menurut CIA World Factbook, Ukraina memiliki 15,7 juta penduduk pria dan wanita yang berusia antara 16 dan -49 tahun atau siap untuk dipersenjatai. Bandingkan dengan Rusia yang memiliki kekuatan penuh 45,6 juta dengan usia yang sama.

Dari angka-angka tersebut, tidak salah kalau pelaksana tugas Menteri Pertahanan Ukraina Ihor Tenyuh mengatakan di depan parlemen bahwa Ukraina tidak punya kemampuan militer untuk menahan serangan Rusia.

Selain itu, satu kajian menyebutkan bahwa Ukraina tidak membutuhkan kekuatan militer penuh karena persoalan yang dihadapinya lebih banyak persoalan dalam negeri ketimbang serangan dari luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Sumber : www.CNN.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper