Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terlibat Korupsi Atau Tidak, Airin Bisa Contoh Benazir Bhutto

Kasus suap dan korupsi yang menimpa Tubagus Chaeri Wardana (Wawan), diharapkan tidak membuat Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany 'limbung' dalam menjalankan tugasnya.
Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany/Antara
Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus suap dan korupsi yang menimpa Tubagus Chaeri Wardana (Wawan), diharapkan tidak membuat Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany 'limbung' dalam menjalankan tugasnya.

Direktur Eksekutif Banten Care Institute (BCI) Heriyono mengatakan meskipun Wawan merupakan suami dari Airin, tetapi adik Gubernur nonaktif Banten Atut, harus bisa membedakan mana urusan pribadi dan urusan publik.

"Publik atau masyarakat Kota Tangerang Selatan telah memercayakan Airin sebagai pemimpinnya. Airin jangan mengecewakan konstituen dan rakyatnya," ujar Heriyono dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/2/2014).

Dia menambahkan Airin juga mesti bisa membuktikan kepada para penegak hukum, terutama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), bahwa dirinya tidak terlibat dalam sejumlah kasus yang menimpa suaminya.

"Meskipun Wawan adalah suami Airin, namun belum tentu semua yang dilakukan Wawan diketahui oleh Airin. Nah, Airin juga mesti jujur dan terbuka soal aktivitas suaminya yang dia ketahui," ujar pria yang juga menjabat sebagai senator Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDem).

Menurut Heri, jika Airin tidak terlibat dalam kasus suap dan korupsi yang menjerat suaminya, Airin bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh Benazir Bhutto, mantan perdana menteri (PM) Pakistan, yang meninggal pada 27 Desember 2007 di usia 54 tahun. Bhutto adalah perempuan pertama yang memimpin sebuah negara muslim di masa pasca-kolonial Pakistan.

"Ini nyaris sama dengan Airin. Dia adalah perempuan pertama yang memimpin Tangerang Selatan yang mayoritas penduduknya adalah muslim juga," jelas Heriyono.

Heriyono menjelaskan, Bhutto dituduh melakukan korupsi, namun belakangan namanya dibersihkan. Dia juga dituduh melakukan pencucian uang negara di bank-bank Swiss, dalam sebuah kasus yang masih tetap berada di pengadilan Swiss.

Suaminya, Asif Ali Zardari, mendekam selama delapan tahun di penjara. Dia ditempatkan di sebuah tahanan tersendiri. Konon mereka mencuri ratusan juta dolar dengan meminta ‘komisi’ atas kontrak-kontrak pemerintah dan urusan lain-lainnya. Selama lebih dari 10 tahun, suami-istri ini telah menghadapi sekitar 90 kasus bersama-sama.

"Benazir Bhutto bangkit dari keterpurukan yang menimpa diri dan suaminya. Bahkan, Benazir menjadi ikon dan pahlawan bagi Pakistan dan dunia. Kalau Airin tidak bersalah, Airin mesti mencontoh Benazir yang bisa bangkit dan memimpin rakyatnya dengan benar dan penuh cinta kasih," tegas Heriyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper