Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI-China Sepakat Tingkatkan Hubungan & Kerja sama Militer

Indonesia dan China sepakat meningkatkan hubungan dan kerja sama militer sekaligus mempererat hubungan baik yang sudah terjalin.

Bisnis.com, BEIJING--Indonesia dan China sepakat meningkatkan hubungan dan kerja sama militer sekaligus mempererat hubungan baik yang sudah terjalin.

"Hubungan tersebut dapat terus ditingkatkan dengan menggelar forum dialog antarpejabat militer Indonesia-China," ujar Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko saat bertemu Panglima Angkatan Bersenjata China Jenderal Fang Fenghui di Mabes Angkatan Bersenjata China Beijing, seperti dikutip Antara, Selasa (25/2/2014).

Menurut Moeldoko, China merupakan negara yang baik dan bersahabat bagi Indonesia dan ke depan hubungan kedua negara khususnya militer, dapat ditingkatkan untuk menjaga stabilitas keamanan, perdamaian dan kemakmuran kawasan.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini menilai hubungan baik yang makin meningkat antara Indonesia dan China diharapkan dapat pula kian meningkatkan hubungan dan kerja sama militer kedua negara.


Indonesia dan China telah sepakat untuk menjadi mitra strategis pada 2005 yang ditindaklanjuti dengan penandatangan Rencana Aksi Kemitraan Strategis pada 2010 dan Komunike Bersama.

"Hubungan semakin meningkat dengan kesepakatan pimpinan kedua negara untuk meningkatkan kemitraan strategis menjadi lebih komprehensif pada 2013," tutur Moeldoko.

Khusus di bidang pertahanan, menurut mantan Wakil Gubernur Lemhannas ini, Indonesia dan China sudah menyepakati Forum Konsultasi Pertahanan pada 2007 dan kerja sama industri pertahanan pada 2011.

Hubungan pertahanan dan militer kedua negara semakin meningkat a.l saling kunjung pejabat tinggi militer, pertukaran perwira siswa di masing-masing angkatan, latihan bersama pasukan khusus antiteror dan sebagainya.

Sebelum pertemuan itu, Panglima TNI juga mengadakan kunjungan ke Pusat Komando Pertahanan Udara Beijing dalam rangkaian kunjungan 5 harinya ke China hingga Jumat  (28/2/2014).

Panglima TNI disambut jajaran kehormatan didampingi Komandan Pusat Komando Pertahanan Udara Beijing Brigjen Zhang Peng untuk kemudian meninjau beberapa fasilitas di pusat komando pertahanan udara tersebut.

Moeldoko juga direncanakan berkunjung ke Ministry of National Defence, People's Republic of China dan diterima oleh Jenderal Chang Wanguan.

Dalam kunjungan kehormatan ini, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko didampingi Duta Besar RI untuk RRC, Asops Panglima TNI, Kabais TNI, Kapuskersin TNI, dan Athan RI untuk China.

Selanjutnya Panglima TNI dan rombongan menuju Markas Central Mulitary Commission dan disambut oleh Vice Chairman of Central Military Chommission Jenderal Fan Changlong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : editor
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper