Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erupsi Gunung Kelud, Dentuman Terdengar Hingga Sukoharjo Jawa Tengah

Suara dentuman yang diduga berasal dari meletusnya Gunung Kelud, terdengar hingga ke Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.Menurut Nanik Sri Rahayu salah seorang warga Kabupaten Sukoharjo mengaku mendengar suara dentuman seperti bom saat terjadinya letusan Gunung Kelud di Jawa Timur.
 Jalur Evakuasi Gunung Kelud di Kediri Amblas/Antara
Jalur Evakuasi Gunung Kelud di Kediri Amblas/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Suara dentuman yang diduga berasal dari meletusnya Gunung Kelud, terdengar hingga ke Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Menurut Nanik Sri Rahayu salah seorang warga Kabupaten Sukoharjo, mendengar suara dentuman seperti bom saat terjadinya letusan Gunung Kelud di Jawa Timur.

“Suaranya dang dung dang dung seperti bom, sekitar jam sebelas malam lewat,” ujarnya kepada Bisnis, melalui ujung telepon, Kamis (13/2) Dini Hari.

Awalnya dia tidak menyangka kalau suara itu ada kaitannya dengan letusan Gunung Kelud, sebelum akhirnya mendengar kabar meletusnya Gunung Kelud dari kerabatnya dan juga setelah melihat tayangan televisi.

“Saya awalnya juga tidak tahu, saya juga sempat takut. Saya bahkan sampai naik kelantai dua untuk memastikan suara apakah itu. Bisa saja suara ban mobil meletus, pikir saya,. Tetapi pas saya cek, tidak ada apa-apa di luar,” paparnya.

Dirinya mengaku sampai ketakutan lantaran suara itu cukup keras dan terjadi di malam hari.

“Istri saya juga mendengar, sampai gemeteran. Suaranya seperti bom, katanya,” tutur Ferdinand, warga Sukoharjo lainnnya, melalui pesan singkat kepada Bisnis.

Ferdinand mengaku tidak mendengar, lantaran sedang di Yogyakarta urusan pekerjaan. Saat itu dirinya sedang istirahat dan menonton televisi dengan suara kencang.

“Setelah mendengar dentuman itu, istri saya langsung menelpon. Katanya warga satu kampung di sampai keluar semua. Suasana mencekam. Saya juga jadi kuatir nih,” tuturnya.

Informasi yang dihimpun, Gunung Kelud di Jawa Timur, diketahui meletus sekitar pukul 23.00 wib. Gunung yang berada di perbatasan Kediri, Blitar dan Kabupaten Malang itu akhirnya meletus, setelah sebelumnya ditetapkan pada level awas pada pukul 22.15 wib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper