Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Status Gunung Kelud Naik Dari Waspada Ke Siaga

Aktivitas Gunung Kelud Sejak Senin (10/2/2014) meningkat dan statusnya menjadi siaga (level III).

Bisnis.com, JAKARTA – Aktivitas Gunung Kelud Sejak Senin (10/2/2014) meningkat dan statusnya menjadi siaga (level III).

"Terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik dari Gunung Kelud, maka terhitung Senin (10/2) pukul 16.00 WIB, PVMBG menaikkan statusnya menjadi Siaga (level III)," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Senin (10/2/2014).

Sutopo menjelaskan sebelumnya status Gunung Kelud waspada atau berada pada level II.

Sutopo kemudian mengimbau agar para pendaki, wisatawan, dan masyarakat untuk tidak mendekati puncak kawah Gunung Kelud, mengingat aktivitas gunung berapi tersebut yang terus meningkat.

"Peningkatan aktivitas gunung ditandai oleh gempa vulkanik dangkal, gempa vulkanik dalam, data suhu air panas di kawah Gunung Kelud dan pemantauan visual memang menunjukkan peningkatan," kata Sutopo.

Sutopo menjelaskan Kawasan Rawan Bencana III (KRB III) dalam radius dua kilometer dari pusat erupsi, merupakan kawasan yang selalu terancam awan panas, gas racun, lahar letusan, aliran lava, dan kawasan yang sangat berpotensi tertimpa lontaran batu (pijar) dan hujan abu lebat.

"Pada radius 2 km ini tidak ada permukiman," kata Sutopo.

Adapun pada Kawasan Rawan Bencana II (KRB II) merupakan kawasan yang beradius lima kilometer dari pusat erupsi, yang berpotensi terlanda awan panas, aliran lava, dan lahar letusan, serta kawasan yang berpotensi tertimpa lahar hujan dan hujan abu lebat.

“Pada radius 5 kilometer diperkirakan ada sekitar 100 jiwa penduduk. Masyarakat yang berada dalam KRB II untuk selalu waspada dan memperhatikan perkembangan Gunung Kelud yang dikeluarkan oleh PVMBG," kata Sutopo.(Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper