Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Panglima TNI Lepas Satgas Kizi Konga XX ke Kongo

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda (Satgas Kizi Konga) XX-K/MONUSCO (Mission de l'Organisation de Republic des Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo) berangkat menggantikan Satgas Kizi TNI Konga XX-J yang beberapa waktu lalu telah kembali ke Tanah Air.

Bisnis.com, JAKARTA – Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda (Satgas Kizi Konga) XX-K/MONUSCO (Mission de l'Organisation de Republic des Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo) berangkat menggantikan Satgas Kizi TNI Konga XX-J yang beberapa waktu lalu telah kembali ke Tanah Air.

Pelepasan Satgas Satgas Kizi Konga XX-K/MONUSCO tersebut dilakukan oleh Panglima Jenderal TNI beserta Kepala Staff Angkatan Laut Laksamana Marsetio, dan Kepala Staff Angkatan Udara Marsekal Ida Bagus Putu Dunia, pagi hari ini Selasa (31/12/2013).

Satgas yang dipimpin oleh Mayor Czi Nurhidin Adi Nugroho ini berjumlah 175 personil terdiri dari 148 personil TNI AD, 18 personil TNI AL, 5 personil TNI AU, dan 4 personil Markas Besar TNI. Mereka bertugas menjalankan misi perdamaian di Kongo selama 1 tahun.

Sebelum berangkat, Satgas Kizi TNI Konga XX-K telah melaksanakan latihan pra tugas di Pusat Misi Penyelenggara Perdamaian (PMPP) TNI Sentul, Bogor, selama 1 bulan.

Dalam misi MONUSCO yang kesebelas itu TNI akan melakukan pemeliharaan jalan dari Dungu ke Ngilima, pemeliharaan rutin Runway Dungu, serta melakukan pembangunan fasilitas setempat seperti yang telah dilakukan oleh satgas sebelumnya.

Pelaksanaan tugas perdamaian di bawah bendera PBB ini telah dilaksanakan sejak 1950. Ini merupakan wujud kepercayaan PBB terhadap kemampuan TNI untuk mengemban tugas perdamaian. Selain itu, hasil yang dicapai Kontingen Garuda selalu mendapat pengakuan positif dari dunia Internasional.

Saya harap, prestasi, kinerja, dan dedikasi para prajurit sekalian akan dapat memperbesar posisi tawar Indonesia di forum Internasional. Serta menjadi bhakti TNI kepada bangsa, negara, dan dunia," ujarnya Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper