Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Kukar Bangun IT Park di Bantaran Sungai Mahakam

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara akan membangun IT Park di lahan bekas pembongkaran pemukiman kawasan Tanjung Tenggarong di bantaran Sungai Mahakam
/ilustrasi/jibiphoto
/ilustrasi/jibiphoto

Bisnis.com, TENGGARONG, Kaltim - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara akan membangun IT Park di lahan bekas pembongkaran pemukiman kawasan Tanjung Tenggarong di bantaran Sungai Mahakam.

Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari mengatakan pembongkaran seluruh bangunan kumuh di bantaran sungai Mahakam diharapkan selesai pada hari ini, Jumat (27/12/2013), sehingga bisa dibangun fasilitas umum di ruang terbuka hijau.

"Gedung IT Park dalam proses Amdal dan DED [Detail Engineering Design]. Bekas pemukiman kawasan Tanjung pinggir Sungai Mahakam akan dipadatkan untuk menopang 2 lantai gedung IT Park yang akan dimulai 2015," ujarnya.

Dia menggambarkan Kawasan Tanjung nantinya akan menjadi ruang terbuka hijau sehingga warga bisa duduk santai dan dapat mengakses free wifi di sekitar areal IT Park.

Ke depannya, Rita berharap,Tenggarong akan punya lebih banyak ruang terbuka hijau dengan tanaman banyak pohon.

Menurutnya, gedung IT Park nantinya memiliki fasilitas yang mampu menampilkan secara digital seluruh informasi teknologi sehingga IT Park jadi salah satu ikon, selain pulau Kumala dan Planetarium Tenggarong.

"Gedung IT ini mengadopsi dari Beijing, China. Saya juga sudah mengutus Dinas Binamarga untuk berkunjung ke Beijing untuk mengadopsi Gedung IT Park di sana. Gedung IT Park akan menjadi tempat pertunjukan yang representatif untuk menampilkan program pembangunan Kukar 5 tahun ke depan," ujar Rita.

Sementara itu, pemukiman kawasan Tanjung yang dibongkar untuk dibangun gedung IT Park diakui Rita, juga selalu menjadi penilaian buruk dari tim Adipura selama 11 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Yamin
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper