Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekanbaru Akan Bangun Empat Proyek Rp1,3 Triliun

Pemerintah Kota Pekanbaru akan memulai menggarap empat proyek infrastruktur dan gedung senilai Rp1,3 triliun pada tahun depan.

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru akan memulai menggarap empat proyek infrastruktur dan gedung senilai Rp1,3 triliun pada tahun depan.

Kepala Biro Humas Pemko Pekanbaru Harisman Rozi mengatakan empat proyek yang menggunakan tahun jamak tersebut tersebut adalah jalan lingkar luar, gedung Islamic Centre, RSUD Pekanbaru, dan SMK Teknologi Pekanbaru.

“Megaproyek itu akan dimulai 2014, dan kami menargetkan pada 2016 atau 2017 semua sudah selesai,” ujarnya, Minggu (8/12).

Rozi mengatakan detail engineering design (DED) keempat proyek tersebut sudah selesai. Menurutnya, tahun ini merupakan waktu yang tepat merencanakan semua proyek pembangunan, infratruktur dan gedung karena untuk mengantisipasi perkembangan penduduk dan kebutuhan di massa mendatang.
 
Apalagi,status Pekanbaru akan ditingkatkan menjadi kota metropolitan.“Tahun ini kami banyak membuat perencanaan, tahun depan baru mulai semua pengerjaan,” katanya.
 
Rozi menegaskan sudah saatnya Pekanbaru mempunyai jalan lingkar luar, sehingga akses untuk kelancaran perekonomian berjalan dengan baik.

Menurutnya, jalan lingkar luar dibangun juga untuk mengurangi kepadatan di perkotaan. Jalan lingkar luar ini untuk memisahkan kendaraan antarprovinsi tidak masuk ke dalam kota. Selain itu, jalan lingkar luar juga untuk mendukung distribusi barang dan jasa dari dalam dan ke luar kota Pekanbaru.

Pendanaan jalan lingkar luar tersebut akan menggunakan APBD dari tiga kabupaten penyangga yang ada di sekitar Pekanbaru. Pemkab yang berbatasan dengan kota sudah membuat kesepakatan untuk merealisasikan proyek jembatan tersebut.
 
Rozi mengatakan selain Pekanbaru, tiga kabupaten yang berada di sekelilingnya akan ikut measakan kemajuan. Tiga kabupaten tersebut adalah Kampar, Siak, dan Pelalawan.

Sementara itu, proyek pembangunan RSUD Pekanbaru juga dinilainya penting karena sampai saat ini Pemkot Pekanbaru belum memiliki rumah sakit sendiri. Menurutnya, rumah sakit milik Pemprov dimiliki semua kabupaten.

Begitu juga dengan proyek pembangunan SMK Teknologi Pekanbaru, Rozi menilai sangat penting, karena ke depan  banyak dunia kerja yang membutuhkan tenaga kerja dengan kompetensi yang mumpuni di bidang teknologi.

Sementara itu, pembangunan gedung Islamic Centre diperlukan mengingat visi Kota Pekanbaru yang akan menjadi kota madani. Menurutnya, peran Islamic Centre akan sangat vital dalam mebangun karakter anak-anak Pekanbaru.

“Keempat proyek tersebut akan sangat menunjang visi Pekanbaru yang akan menjadi kota metropolitan yang madani,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper