Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IDI Kirim Dokter ke Lokasi Pengungsian Koraban Gunung Sinabung

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia menerjunkan para dokter ke lokasi pengungsi korban letusan Gunung Sinabung, Tanah Karo, Sumatra Utara. Selain itu juga memberikan bantuan.

Bisnis.com, JAKARTA - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia menerjunkan para dokter ke lokasi pengungsi korban letusan Gunung Sinabung, Tanah Karo, Sumatra Utara. Selain itu juga memberikan bantuan.

"Kami melakukan IDI Peduli Sinabung. Pada Desember hingga Januari nanti, diperkirakan berpotensi bencana di sana. Kami sudah menginstruksikan kepada para dokter dari IDI di cabang, untuk bersiaga menghadapi bencana gunung meletus," jelas Dr. Zaenal Abidin, Ketua PB IDI di Jakarta, hari ini Kamis (5/12/2013).

Zaenal mengatakan hingga kini aktivitas Gunung Sinabung masih tinggi. Masa tanggap darurat penanganan erupsinya pun diperpanjang hingga 7 Desember.

Selain itu potensi lahar dingin juga sangat tinggi, karena banyaknya material yang dimuntahkan gunung meletus tersebut.

Dia mengatakan jumlah pengungsi hingga awal bulan ini mencapai 17.321 jiwa. Terdiri atas 5.836 KK, yang berasal dari 23 desa. Mereka tersebar di 31 pos penampungan. Kebutuhan logistik di semua pos diperkirakan hanya mencukupi untuk tiga hari ke depan.

Menurut dia, masyarakat di sekitar Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, yang saat ini tinggal di daerah pengungsian masih mengalami trauma pasca letusan gunung tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper