Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terjerat Kasus Perkosaan, Sitok Srengenge Hengkang dari Salihara

Saudara Sitok Srengenge telah mengajukan pengunduran diri dari jabatannya di Komunitas Ssalihara. Kami menerima pengunduran diri tersebut

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah terlilit kasus pemerkosaan terhadap korban berinisial RW, penyair nasional Sitok Srengenge mengundurkan diri dari Komunitas Salihara.

"Saudara Sitok Srengenge telah mengajukan pengunduran diri dari jabatannya di Komunitas Salihara. Kami menerima pengunduran diri tersebut," tulis keterangan resmi, Selasa (3/12/2013).

Sitok, yang menjabat sebagai kurator di Komunitas Salihara bentukan Goenawan Mohamad tersebut dituduh memperkosa mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Jakarta hingga menyebabkan hamil.

Keterangan resmi menambahkan Komunitas Salihara menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Pihaknya berharap melalui proses tersebut tercapai perlindungan bagi korban dan rasa keadilan.

Komunitas Salihara mengklaim setelah melakukan pemeriksaan internal organisasi, pihaknya menilai kasus yang diadukan tidak melibatkan pemanfaatan fasilitas dan jabatan di Komunitas Salihara.

"Sikap ini kami ambil karena prinsip kesetaraan dan penghargaan terhadap akal sehat adalah bagian dari cita-cita Komunitas Salihara," tulis rilis tersebut.

Pihaknya mengakui keputusan RW mengadukan kasus pemerkosaan terhadap kepolisian begitu berat bagi pelapor. Terlebih masyarakat Indonesia masih didominasi budaya patriarki.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper