Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Aceh Berpotensi Satukan Ulama Melayu

Provinsi Aceh berpotensi menjadi pemersatu ulama di seluruh negeri Melayu, guna menyongsong kebangkitan peradaban Islam di masa mendatang. Salah satu langkah untuk mempersatukan ulama melayu itu yakni dengan mempersatukan akidah umat Islam dalam mazhab Ahlu Sunnah wal Jama'ah sehingga hati umat Islam Melayu bisa bersatu.
Fatkhul-nonaktif
Fatkhul-nonaktif - Bisnis.com 01 Desember 2013  |  04:59 WIB
Aceh Berpotensi Satukan Ulama Melayu
Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh - asiafinest.com
Bagikan

Bisnis.com, BANDA ACEH - Provinsi Aceh dinilai berpotensi untuk menjadi pemersatu ulama di seluruh negeri Melayu, guna menyongsong kebangkitan peradaban Islam di masa mendatang.

"Kami sangat setuju dengan gagasan Aceh menjadi pelopor untuk mempersatukan ulama melayu," kata Ketua Perhimpunan Pondok Pesantren di lima Provinsi Thailand Selatan Tuan Guru H Abdul Azis Yanya dalam seminar internasional di Banda Aceh, Sabtu (30/11/2013).

Sebagai pemateri dalam seminar yang digelar Himpunan Ulama Dayah (HUDA) Aceh itu, ia mengatakan ulama Melayu banyak tersebar di Indonesia, Fatani Darussalam, Singapura, Malaysia, Filipina dan negara lainnya.

"Semua kita harus bersatu untuk menegakkan bahasa Melayu yang identik dengan Islam serta memperkuat dakwah Islam," katanya.

Menurut dia, gagasan yang muncul dalam seminar nasional yakni Aceh akan menjadi pemersatu ulama Melayu itu merupakan hal yang sangat menarik dan perlu mendapat dukungan dari semua komponen untuk mewujudkannya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjend) HUDA Provinsi Aceh Tgk H Faisal Ali mengatakan untuk mempersatukan ulama melayu tersebut perlu kerja keras dan keseriusan semua komponen.

"Salah satu langkah untuk mempersatukan ulama melayu itu yakni dengan mempersatukan akidah umat Islam dalam mazhab Ahlu Sunnah wal Jama'ah sehingga hati umat Islam Melayu bisa bersatu," katanya.

Menurut dia, bersatunya akidah akan mendorong pula bersatunya hati sehingga semua pihak akan bisa bekerja sama untuk memperkuat jamaah.

"Jika akidah sudah bersatu, maka amaliyah dan jamiyah juga akan mudah dipersatukan. Sekarang tinggal bagaimana kita mempersatukan umat Islam Melayu dalam akidah Ahlu Sunnah wal jama'ah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

melayu ulama

Sumber : Newswire

Editor : Fatkhul-nonaktif
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top