Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Marapi di Sumbar Kembali Meletus

Gunung Marapi yang berada di antara Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Agam, Sumatra Barat, pada Rabu pagi (13/11/2013) meletus.

Bisnis.com, BUKITTINGGI--Gunung Marapi yang berada di antara Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Agam, Sumatra Barat, pada Rabu pagi (13/11/2013) meletus.

"Letusan terjadi sekitar pukul 09.01 WIB tersebut mengeluarkan asap kelabu tebal setinggi 350 meter dari puncak gunung mengarah ke timur," kata Petugas Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kota Bukittinggi, Warseno di Bukittinggi, Rabu (13/11/2013).

Saat ini status Gunung Marapi masih waspada level-II. Masyarakat di sekitar gunung dan pendaki untuk tidak mendaki pada radius 3 km dari pusat letusan atau kawah gunung.

Peningkatan aktivitas Gunung Marapi terjadi 3 Agustus 2011 dan sempat mengeluarkan abu vulkanik berbau belerang dengan ketinggian mencapai 1.000 meter dan menjangkau sejumlah daerah, seperti Agam, Tanah Datar, Padangpariaman, dan Padang Panjang.

Dalam kondisi aktif normal, gunung yang berdampingan dengan Gunung Singgalang dan Tandikek itu menjadi salah satu tujuan bagi pendaki gunung dari dalam maupun dari luar Sumbar.

Setiap pergantian tahun, gunung itu selalu ramai oleh pendaki. Akses pendakian Gunung Marapi mudah dicapai. Jalur pendakian dimulai dari Kotobaru, Tanah Datar. Kawasan Gunung Marapi merupakan area konservasi di Sumbar, yakni Suaka Alam Merapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor :
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper