Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Ducting Bersamaan Dengan Jalur MRT

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merencanakan sebagai langkah awal, pembangunan saluran utilitas (ducting system) akan dilakukan di area-area yang dilewati oleh jalur mass rapid transit (MRT).
Ducting System/Saveguide
Ducting System/Saveguide

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merencanakan sebagai langkah awal, pembangunan saluran utilitas (ducting system) akan dilakukan di area-area yang dilewati oleh jalur mass rapid transit (MRT).

Manggas Rudy Siahaan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemprov DKI, mengatakan pembangunan saluran utilitas dimulai dari Lebak Bulus, Jakarta Selatan, kemudian menuju ke wilayah Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

“Dalam pelaksanaannya, pembangunan MRT dilakukan sekaligus dengan pembangunan ducting, dari Jakarta Selatan dulu di Lebak Bulus, lalu ke HI,” katanya seusai meninjau titik-titik genangan di Jakarta Selatan bersama Gubernur DKI, Senin (11/11/2013).

Dia mengungkapkan rencananya, pembangunan saluran utilitas ini akan dimulai pada tahun depan. Namun, lanjutnya, instansinya belum selesai menghitung besaran biaya yang dibutuhkan dalam pembangunannya.

Nantinya, struktur saluran utilitas ini memiliki tinggi 3 meter dan lebar 3 meter yang mampu dijadikan sebagai manhole (ruang untuk dimasuki orang). Untuk bisa memakai saluran utilitas ini, Pemprov DKI akan mengenakan biaya sewa kepada para pemilik utilitas.

Manggas menyampaikan perhitungan biaya sewanya nanti menyesuaikan dengan besarnya pembiayaan pembangunan saluran. Sampai saat ini, jelasnya, Pemprov DKI hanya membebankan biaya retribusi sebesar Rp10.000/meter untuk pemasangan utilitas di dalam tanah.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hedwi Prihatmoko
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper