Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesepakatan Utang Tak Kunjung Didapat, Obama Hindari Debat

Di tengah perundingan penyusunan anggaran dan plafon utang yang berlarut-larut antara DPR dan Senat, Presiden Amerika Serikat Barack Obama memilih berhati-hati dalam memberikan komentar
Obama/Reuters
Obama/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA- Di tengah perundingan penyusunan anggaran dan plafon utang yang berlarut-larut antara DPR dan Senat, Presiden Amerika Serikat Barack Obama memilih berhati-hati dalam memberikan komentar.

Obama memilih muncul di depan publik kemarin untuk berbincang dengan para sukarelawan dalam satu kegiatan amal lokal Washington daripada berkumpul dengan para pembuat kebijakan.

Di tengah pertemuan di Capitol Hill pada  hari ini  yang membahas upaya mengakhiri pemberhentian sementara layanan publik pemerintah dan menghindari gagal bayar, media yang meliput pertemuan antara Obama dan Fraksi Demokrat DPR di Gedung Putih diberi kesempatan mengambil gambar dan merekam saja, tidak mendapatkan pernyataan dari pertemuan tersebut.

Keputusan Obama yang menghindari publikasi di tengah upaya dalam mencapai kesepakatan dengan Kongres menandai perubahan sikap, bagaimana dia menghadapi fraksi Republik yang mencoba 'menjatuhkan' agendanya.

“Dia melakukan cara yang berbeda. Kali ini gaya negosiasinya adalah menghindari keributan dan alih-alih menunjuk perwakilan untuk menghadapinya,” kata James Thurber, professor ilmu politik di Universitas Washington yang mengkaji hubungan antara Obama dan Kongres seperti dikutip Bloomberg, Rabu (16/10/2013).

Satu ciri bahwa pemerintah Obama ingin menjaga Kongres tetap fokus adalah satu pertemuan yang tidak terjadi; satu pertemuan dengan empat pimpinan utama Kongres yang tertunda kemarin setelah perbincangan antara pimpinan fraksi Demokrat Harry Reid dari Nevada dan fraksi Republik Mitch McConnell dari Kentucky atas satu kesepakatan fiskal yang memberikan harapan.

Wakil Presiden Joe Biden, yang tahun lalu berunding dengan McConnell untuk mencegah pemotongan pengeluaran dan penaikan pajak atau lebih dikenal dengan jurang fiskal, memilih untuk menghindar. (t11)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper