Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Bioremediasi Chevron, Penataan Hukum Tidak Berstruktur

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus bioremediasi PT Chevron Pacifik Indonesia (CPI) yang kini menuai kontroversi dinilai merupakan pidana administrasi, bukan kasus korupsi dan tidak ada kerugian negara.

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus bioremediasi PT Chevron Pacifik Indonesia (CPI) yang kini menuai kontroversi dinilai merupakan pidana administrasi, bukan kasus korupsi dan tidak ada kerugian negara.

"Kasus bioremediasi Chevron jelas konteksnya masalah administrasi. Tidak ada kerugian negara dari APBN. Uang siapa yang dianggap sebagai kerugian negara," ujar Dian Puji Simatupang, pakar Hukum Administrasi UI dalam talk show yang diselenggarakan INILAH Group, Selasa (8/10).

Oleh karena itu, sambungnya, seharusnya tidak ada sanksi badan. Sebaliknya, jika melanggar, dikenakan sanksi denda.

Dia menjelaskan masalah bioremediasi jika tidak dituntaskan, menjadi kontradiktif dan tidak bisa menyelesaikan masalah pencemaran.

 

Dia menjelaskan perlu ada instrumen baru karena masalah lingkungan terlalu banyak.

"Jelas ini soal kontrak sehingga perlu perbaikan masalah hukum. Jika hukum bertentangan tidak bisa diidentifikasi. Di Indonesia sebenarnya ada dua lembaga, yakni MA dan MK. Namun, kini MK sedang heboh," ungkap Dian.

Menurutnya, persoalan tersebut semakin berlarut-larut tanpa kepastian hukum. Padahal, kasus tersebut murni karena penataan hukum di Indonesia tidak terstruktur.

Dia menjelaskan akibat  penataan hukum yang memiliki aturan tidak terstruktur, maka  sejumlah lembaga memiliki tafsir sendiri dalam menentukan sebuah regulasi.

Itu menjadi salah satu penyebab penyalahgunaan wewenang oleh para pengambil keputusan dalam sebuah perkara peradilan. Penyalahgunaan wewenang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu dengan cara memaksa, mengancam dan meminta.

“Kalau merujuk pada kasus bioremediasi CPI. Jelas ada wewenang yang digunakan untuk memaksakan dan mereka berlindung di balik regulasi yang tidak terstruktur tadi," katanya.

Menurut Dian, Bioremediasi aturannya berkaitan langsung dengan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) justru dinilai salah oleh penegak hukum. Padahal aturannya sendiri dibuat oleh KLH, tetapi penegak hukum justru menyalahkan aturan itu.

Prof M. Udiharto, Pakar Bioremediasi Lemigas mengatakan pelestarian lingkungan sudah tertuang dalam ketentuan hukum. Begitu pula kaitannya dengan industri hulu migas.

"Jika kegiatan itu berpotensi mencemari lingkungan, maka harus menjalankan pengembalian lingkungan pascaeksplorasi atau eksploitasi," ujarnya. 

Oleh karena itu, sambungnya, bioremediasi merupakan suatu hal yang penting dijalankan. Hukum  menyatakan pelestarian lingkungan memang perlu dilakukan.

Anggota Komisi VII DPR . S. Milton Pakpahan, menjelaskan bioremediasi   atau  proses  dalam penyelesaian  masalah sangat penting dilakukan  terkait dengan  kegiatan  lingkungan. 

Limbah migas yang diperoleh dari eksplorasi dan eksploitasi perlu diolah agar tidak mencemari tanah dari lokasi pengelolaan migas oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

"Berangkat dari kasus bioremediasi yang dialami Chevron, sebaiknya  bioremediasi perlu dimasukkan dalam revisi  Undang–undang  Migas No 21/2001 tentang Minyak dan Gas Bumi. Bioremediasi di Indonesia harus tetap dijalankan karena setiap pembangunan harus berwawasan lingkungan hidup sebagaimana diatur dalam UUD 1945. Selain mengatur bioremediasi, RUU Migas juga akan memberi kewenangan lebih kepada SKK Migas," ujarnya.

Bioremediasi, menurutnya, enjadi kewajiban agar lokasi pengelolaan migas ini bisa diolah sehingga pencemaran tanah ini bisa dikembalikan seperti semula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper