Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT APEC 2013, Polres Sumenep Intensifkan Pengawasan di Pelabuhan

Bisnis.com, SUMENEP - Kepolisian Resor Sumenep, Jawa Timur, mengintensifkan pengawasan di sejumlah pelabuhan setempat menjelang dan selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) di Nusa Dua, Bali, 6--8 Oktober

Bisnis.com, SUMENEP - Kepolisian Resor Sumenep, Jawa Timur, mengintensifkan pengawasan di sejumlah pelabuhan setempat menjelang dan selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) di Nusa Dua, Bali, 6--8 Oktober 2013.

Kapolres Sumenep AKBP Marjoko, Sabtu, menjelaskan bahwa Polda Jatim menggelar "Operasi Imbangan Pengamanan KTT APEC" pada tanggal 3--11 Oktober guna mengimbangi pengamanan KTT APEC yang dilakukan oleh Polda Bali dan jajarannya.

"Sumenep memiliki banyak pulau dan pelabuhan yang bisa menjadi jalur transit ke Bali. Oleh karena itu, kami mengintensifkan pengawasan di seluruh pelabuhan, baik yang secara administrasi kewilayahannya berada di kecamatan daratan maupun di kepulauan," ujarnya di Sumenep.

Selama pelaksanaan Operasi Imbangan Pengamanan KTT APEC, kata dia, pihaknya menyiapkan 105 personel dan sebagian di antaranya merupakan anggota polsek di kepulauan.

"Kami menginstruksikan anggota untuk benar-benar mengawasi aktivitas di pelabuhan, termasuk pelabuhan rakyat. Kalau ada kapal maupun perahu yang berangkat atau datang, pastikan tidak ada orang maupun barang bawaan yang mencurigakan," ucapnya.

Selain kepulauan, sejumlah kecamatan di wilayah daratan juga menjadi fokus perhatian selama pelaksanaan Operasi Imbangan Pengamanan KTT APEC karena terdapat pelabuhan, seperti Kalianget dan Dungkek.

"Hingga sekarang, kami belum menerima laporan maupun informasi tentang hal mencurigakan di pelabuhan, baik orang maupun barang. Kami berharap warga Sumenep ikut membantu kami dengan memberikan laporan jika mengetahui ada orang maupun barang mencurigakan," paparnya.

Dia juga mengemukakan bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan sejumlah instansi samping yang terkait dengan deteksi dan pencegahan terorisme selama pelaksanaan Operasi Imbangan Pengamanan KTT APEC.

"Sinergi dengan Kodim 0827 Sumenep merupakan hal yang rutin dan makin ditingkatkan setiap ada kegiatan pengamanan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper