Sister City, Korsel Jajaki Kerja Sama dengan Manado

Bisnis.com, MANADO - Korea Selatan menjajaki kerja sama di bidang bidang pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata dengan Kota Manado.Wakil Wali Kota Manado Harley Alfredo Benfica Mangindaan mengatakan perwakilan dari Kota Anyang, Korsel telah berkunjung
Roberto A. Purba
Roberto A. Purba - Bisnis.com 02 Oktober 2013  |  19:03 WIB

Bisnis.com, MANADO - Korea Selatan menjajaki kerja sama di bidang bidang pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata dengan Kota Manado.

Wakil Wali Kota Manado Harley Alfredo Benfica Mangindaan mengatakan perwakilan dari Kota Anyang, Korsel telah berkunjung ke Manado dan mengutarakan niatnya untuk bekerja sama.

"Ada beberapa niat kerja sama yang diutarakan oleh perwakilan dari Korsel. Selain kerja sama dalam sejumlah bidang, Kota Anyang dan Manado akan menjadi sister city," katanya, Rabu (2/10).

Menurutnya, Korsel tertarik dengan Pulau Bunaken dan taman lautnya yang merupakan salah satu destinasi wisata di Manado.

Dia mengatakan hubungan antara Korsel dan Indonesia telah memasuki usia ke-40 tahun.

Badan Pusat Statistik Sulawesi Utara mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara per Agustus 2013 mencapai 1.622 orang atau naik 7,9% dibandingkan dengan 1.503 orang secara year on year.

BPS mencatat wisman terbanyak berasal dari Jepang, yakni sebanyak 189 orang atau kontribusinya sebesar 11,65%. Selanjutnya, wisman berasal dari Jerman sebanyak 176 orang dan Prancis sebanyak 131 orang.

Adapun wisman asal Korsel pada periode tersebut tercatat hanya 1 orang.

    Pada perkembangan terpisah, Provinsi Sulawesi Utara juga memutuskan lebih gencar promosi di bidang pariwisata sebagai salah satu cara menarik investor.

    Pemprov beranggapan promosi pariwisata mejadi jalan agar pemodal lebih mengenali kondisi pasar.

    Sanny Parengkuan, Asisten II Bidang Perekonomin dan Pembangunan Pemprov Sulut, mengatakan sektor pariwisata bisa menjadi salah satu komoditas unggulan yang pada akhirnya meningkatkan kesekahteraan masyarakat.

    "Pariwisata bisa menjadi penggerak ekonomi daerah," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
manado, bunaken, korsel

Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top