Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tentara Dunia Maya 'Cyber Army' Dibentuk, Apakah Perlu?

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertahanan akan membentuk Cyber Army atau tentara maya untuk menjaga keamanan dan pertahanan negara dari serangan di dunia maya.
Anggi Oktarinda
Anggi Oktarinda - Bisnis.com 24 September 2013  |  16:13 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertahanan akan membentuk Cyber Army atau tentara maya untuk menjaga keamanan dan pertahanan negara dari serangan di dunia maya.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan meskipun belum tampak, tetapi potensi serangan cyber yang dapat mengganggu kedaulatan bangsa dan negara pada saat ini cukup terbuka lebar.

Oleh karena itu, dia menilai perlu ada satuan khusus yang bertugas menangkal segala bentuk serangan di dunia yang maya yang dapat mengganggu kedaulatan negara.

“Cyber Army dibentuk untuk menangkal serangan tersebut. Cyber Army akan terdiri dari militer dan nonmiliter,” ujar Purnomo, Selasa (24/9/2013).

Sebagaimana dilansir laman resmi Sekretariat Kabinet RI, sebelumnya Kementerian Pertahanan juga berencana membangun Pusat Pertahanan Siber (Cyber Defence) untuk menjaga keamanan dari kejahatan di dunia maya.

Menurut Purnomo, pembangunan Pusat Pertahanan Siber akan melibatkan tiga angkatan yang berada di tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI), yaitu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Kemudian, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan membantu tata kelola, infrastruktur, peralatan, dan sumber daya manusia.

Kepala Pusat Informasi dan Human Kemenkominfo Gatos S. Dewa Broto mengatakan Cyber Army merupakan bagian dari Cyber Defense yang digagas oleh Kemenhan dengan dukungan dari Kemenkominfo.

Menurut dia, komunikasi antara Kemenhan dan Kemenkominfo untuk mewujudkan Cyber Defense terus berlangsung.

“Pembicaraan di tataran pejabat eselon teknis sudah berlangsung. Ada yang belum bisa diceritakan karena ada beberapa hal yang sifatnya strategis. Pada saatnya nanti akan disampaikan,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tni tentara dunia maya kemenhan cyber army
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top