Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wagub Riau: Media Cetak di Riau Lebih Cepat Berkembang

Bisnis.com, PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau Mambang Mit menyebutkan media cetak di Riau berkembang lebih cepat dibandingkan dengan media elektronik seperti televisi dan radio.
Vega Aulia Pradipta
Vega Aulia Pradipta - Bisnis.com 12 September 2013  |  17:41 WIB

Bisnis.com, PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau Mambang Mit menyebutkan media cetak di Riau berkembang lebih cepat dibandingkan dengan media elektronik seperti televisi dan radio.

Menurutnya, saat ini ada persaingan di masyarakat antara yang gemar membaca, gemar melihat, dan gemar mendengar.

“Di Riau bertumbuhkembangnya informasi itu lewat TV, radio. Tapi, begitu berkembang juga publikasi koran, majalah, media cetak. Malah lebih maju berkembangnya dibandingkan dengan media elektronik,” ujarnya saat membuka acara roadshow Perpustakaan Nasional RI di Perpustakaan Soeman HS, Pekanbaru, Kamis (12/9/2013).

Mambang Mit menambahkan, media elektronik dokumentasinya bisa hilang begitu saja, berbeda dengan media cetak yang bisa dijadikan arsip. Oleh sebab itu, perpustakaan di Pekanbaru ini pun dilengkapi dengan arsip sehingga tidak mungkin hilang.  

“Perpustakaan di Pekanbaru ini dari penampilan fisiknya yang besar itu untuk menggugah orang yang lewat. Dengan melihat, orang jadi mau datang. Tapi yang lebih penting adalah informasi di dalamnya, serta bagaimana informasi itu terus dikembangkan dan dapat diimplementasikan sesuai dengan zamannya,” tambahnya.

Menurutnya, meningkatkan minat baca masyarakat di Riau selalu menjadi tantangan. Pemprov sudah mengadakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan minat baca, termasuk ikut menyambut Hari Buku Nasional pada 17 Mei lalu.

“Kebiasaan membaca adalah suatu kegiatan yang penting untuk menumbuhkembangkan kompetensi kita. Ini tidak terbatas pada lembaga-lembaga formal saja seperti lembaga pendidikan, tapi bisa dilakukan oleh siapa saja, masyarakat secara keseluruhan apa pun pekerjaannya,” ujarnya.

Adapun, roadshow Perpustakaan Nasional RI yang diadakan di Perpustakaan Soeman HS, Pekanbaru ini bekerjasama dengan Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Riau. Kegiatan ini merupakan bagian dari promosi Perpustakaan Nasional yang bertujuan untuk membudayakan masyarakat berkunjung ke perpustakaan.

Dengan mengambil tema “Perpustakaan Sahabat Terbaik Keluarga Indonesia”, roadshow ini diharapkan bisa menggugah keluarga Indonesia pada umumnya dan keluarga di Riau pada khususnya, agar lebih rajin membaca dan mengunjungi perpustakaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

koran mambang mit perpustakaan media cetak
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top