Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Telah Berperan Ciptakan Partisipasi Politik Rakyat

Bisnis.com, ,JAKARTA—Mulyana W. Kusumah, Direktur Seven Strategic Studies (7SS) menyatakan bahwa keunggulan Joko Widodo (Jokowi), Gubernur DKI Jakarta dalam setiap survei yang diadakan oleh berbagai lembaga menunjukkan bahwa tingkat pasrtisipasi

Bisnis.com, ,JAKARTA—Mulyana W. Kusumah, Direktur Seven Strategic Studies (7SS) menyatakan bahwa keunggulan Joko Widodo (Jokowi), Gubernur DKI Jakarta dalam setiap survei yang diadakan oleh berbagai lembaga menunjukkan bahwa tingkat pasrtisipasi politik masyarakat mulai meningkat.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Forum Akademisi IT (FAIT) hari ini, Selasa (27/8/2013) menjabarkan bahwa keterlibatan Jokowi pada Pemilu 2014 mendatang, memungkinkan jumlah pemilih yang Golput mengalami penurunan sekitar dari 25,50% menjadi 16%.

Survei tersebut dilakukan dengan melibatkan 1000 responden Pria dan 1000 responden Perempuan yang berasal dari latar belakang profesi yang berbeda-beda melalui wawancara langsung.

“Para pemilih sudah meninggalkan tokoh-tokoh klasik dengan rekam jejak yang dinilai tidak akan membawa perubahan ke arah Indonesia yang lebih baik,” ujarnya dalam sebuah pernyataan tertulis yang disampaikan dalam acara rilis hasil survey FAIT di Jakarta, Selasa (27/8/2013).

Belum ada tokoh nasional lain yang menjadi bintang politik baru. Sekitar 30 tokoh lain sejauh ini telah mewacanakan diri atau diwacanakan menjadi bakal Calon Presiden.

Namun, diantara kandidat-kandidat tersebut hanya Jokowi yang mendapat perhatian dan dukungan paling banyak dari masyarakat untuk menjadi Presiden 2014.

“Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), tentu harus menggunakan fenomena keunggulan elektoral Jokowi sebagai kesempatan historis untuk memasuki kembali pusat kekuasaan.”

Sebastian Salang, Ketua Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) setuju dengan pernyataan Mulyana W. Kusumah.

“Dukungan rakyat yang tergambar dalam berbagai survey ini merupakan fakta politik yang tidak dapat diabaikan,” terangnya. Dia menambahkan bahwa masyarakat sudah jenuh dengan politisi-politisi saat ini dengan pencitraan palsu mereka dan haus akan kekuasaan, dan menginginkan adanya sosok pemimpin yang berintegritas.

Hotland Sitorus, Ketua Fait juga menyatakan bahwa pihaknya mendukung pemimpin yang diharapkan oleh rakyat. Jika rakyat menganggap Jokowi sebagai sosok yang sesuai dengan harapan mereka untuk menjadi pemimpin bangsa. Maka, FAIT akan mendukung sepenuhnya pencalonan Jokowi sebagai Presiden pada Pilpres 2014 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper