Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rupee Anjlok, Orang Terkaya India Rugi US$5,6 Miliar

Mukesh AmbaniBisnis.com, MUMBAI - Mukesh Ambani, orang terkaya India, menderita kerugian terbesar di antara para taipan negeri tersebut, akibat anjloknya nilai rupee ke rekor terendah yang memangkas 24% kekayaannya.
Fatkhul-nonaktif
Fatkhul-nonaktif - Bisnis.com 22 Agustus 2013  |  13:54 WIB

Mukesh Ambani

Bisnis.com, MUMBAI - Mukesh Ambani, orang terkaya India, menderita kerugian terbesar di antara para taipan negeri tersebut, akibat anjloknya nilai rupee ke rekor terendah yang memangkas 24% kekayaannya.

Mukesh Ambani, Chairman Reliance Industries Ltd (RIL)—operator kompleks kilang minyak terbesar di dunia, telah kehilangan kekayaannya US$ 5,6 miliar sejak 1 Mei akibat rupee terjungkal,

Pria 56-tahun menyisakan kekayaan bersih sebesar US$ 17,5 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Rupee India merupakan mata uang yang mencatat kinerja terburuk di antara mata uang utama dunia dalam 1 bulan terakhir, akibat tekanan dari para investor internasional yang menjual aset emerging market di tengah kekhawatiran AS memangkas stimulus bulanan US$ 85 miliar.

Nilai kekayaan miliarder India menjadi lebih rendah dalam dolar akibat rupee menurun dan investor asing menjual saham di perusahaan berkapitalisasi besar, kata Munesh Khanna, partner senior di Grant Thornton LLP di Mumbai.

"Ada irasionalitas, rupee lemah dan akan turun lebih jauh," kata Khanna. "Investasi institusi asing diinvestasikan dalam perusahaan besar dan menarik keluar uang dari India. Itu membuat banyak tekanan pada perusahaan-perusahaan."

Investor internasional telah menjual bersih saham India US$ 3 miliar sejak 3 Juni, menurut Efek bangsa & Board Exchange. Indeks S & P BSE Sensex (Sensex) turun 1,9% menjadi 17,905.91 kemarin, memperpanjang penurunan empat hari untuk 7,6%, terbesar sejak Juli 2009.

Rupee juga memperpanjang penurunannya kemarin, menyentuh level terendah sepanjang waktu 64,55 per dolar AS.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rupee mukesh ambani

Sumber : Bloomberg

Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top