Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Posko Kesehatan Pelabuhan Merak Tangani 439 Pemudik

Bisnis.com, MERAK, Banten - Pos Kesehatan Terpadu Pelabuhan Merak, Banten, mencatat angka kunjungan pasien pada periode mudik lebaran 2013 mencapai 439 orang. Agung Laksana, petugas kesehatan pos terpadu Pelabuhan Merak, mengatakan angka tersebut merupakan
Amri Nur Rahmat
Amri Nur Rahmat - Bisnis.com 08 Agustus 2013  |  10:35 WIB
Bagikan

Bisnis.com, MERAK, Banten - Pos Kesehatan Terpadu Pelabuhan Merak, Banten, mencatat angka kunjungan pasien pada periode mudik lebaran 2013 mencapai 439 orang.

Agung Laksana, petugas kesehatan pos terpadu Pelabuhan Merak, mengatakan angka tersebut merupakan kumulatif kunjungan pasien terhitung H-14 atau 25 Juli 2013 saat pendirian posko, hingga H-1 Lebaran 2013 atau Rabu (7/8/2013).

"Sebagian besar pemudik yang datang dengan keluhan penyakit ISPA atau gangguan pernapasan," ujarnya kepada Bisnis.com, Kamis (8/8/2013).

Dia menyebutkan secara terperinci pasien ISPA secara total mencapai 78 pasien yang mendatangi pos kesehatan di Pelabuhan Merak. Menurutnya, kepadatan yang terjadi di pelabuhan Merak sepanjang periode mudik tahun ini memicu pengguna jasa penyeberangan rentan mengalami gangguan pernapasan akibat berdesakan.

"Belum lagi ada penumpang yang merokok selama mengantre ini mempengaruhi pernapasan penumpang lain. Apalagi, udara di pelabuhan ada polusi dari knalpot kendaraan yang juga padat," papar Agung.

Dia menambahkan penyakit lainnya yang dikeluhkan pemudik yakni cephalgia sebanyak 61 orang, gastritis 53 orang, myalgia 45 orang, hypertensi 24 orang, sejumlah keluhan penyakit lainnya yang di layani petugas kesehatan.

Selain itu, ada sembilan orang pemudik yang ditangani pos kesehatan terpadu itu akibat kecelakaan. "Ada yang terjatuh saat turun dari kapal roro hingga yang tertabrak kendaraan operasional ASDP Pelabuhan Merak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kecelakaan merak asdp lebaran 2013 pemudik
Editor : Yeni H. Simanjuntak
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top