Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Posko Kesehatan Pelabuhan Merak Tangani 439 Pemudik

Bisnis.com, MERAK, Banten - Pos Kesehatan Terpadu Pelabuhan Merak, Banten, mencatat angka kunjungan pasien pada periode mudik lebaran 2013 mencapai 439 orang. Agung Laksana, petugas kesehatan pos terpadu Pelabuhan Merak, mengatakan angka tersebut merupakan

Bisnis.com, MERAK, Banten - Pos Kesehatan Terpadu Pelabuhan Merak, Banten, mencatat angka kunjungan pasien pada periode mudik lebaran 2013 mencapai 439 orang.

Agung Laksana, petugas kesehatan pos terpadu Pelabuhan Merak, mengatakan angka tersebut merupakan kumulatif kunjungan pasien terhitung H-14 atau 25 Juli 2013 saat pendirian posko, hingga H-1 Lebaran 2013 atau Rabu (7/8/2013).

"Sebagian besar pemudik yang datang dengan keluhan penyakit ISPA atau gangguan pernapasan," ujarnya kepada Bisnis.com, Kamis (8/8/2013).

Dia menyebutkan secara terperinci pasien ISPA secara total mencapai 78 pasien yang mendatangi pos kesehatan di Pelabuhan Merak. Menurutnya, kepadatan yang terjadi di pelabuhan Merak sepanjang periode mudik tahun ini memicu pengguna jasa penyeberangan rentan mengalami gangguan pernapasan akibat berdesakan.

"Belum lagi ada penumpang yang merokok selama mengantre ini mempengaruhi pernapasan penumpang lain. Apalagi, udara di pelabuhan ada polusi dari knalpot kendaraan yang juga padat," papar Agung.

Dia menambahkan penyakit lainnya yang dikeluhkan pemudik yakni cephalgia sebanyak 61 orang, gastritis 53 orang, myalgia 45 orang, hypertensi 24 orang, sejumlah keluhan penyakit lainnya yang di layani petugas kesehatan.

Selain itu, ada sembilan orang pemudik yang ditangani pos kesehatan terpadu itu akibat kecelakaan. "Ada yang terjatuh saat turun dari kapal roro hingga yang tertabrak kendaraan operasional ASDP Pelabuhan Merak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper