Menko Polkam Minta Amankan Warga Syiah di Sampang

Bisnis.com, JAKARTA - Kedua kelompok dalam konflik syiah di Sampang sepakat untuk menghentikan segala bentuk tindak kekerasan.
Demis Rizky Gosta | 02 Agustus 2013 20:19 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kedua kelompok dalam konflik syiah di Sampang sepakat untuk menghentikan segala bentuk tindak kekerasan.

Menko Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan kesepakatan tersebut diungkapkan dalam pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tadi malam (1/8/2013).

Presiden menerima kelompok pengungsi dan kelompok masyarakat lain secara bergantian di pertemuan yang berlangsung di Surabaya. "Itu bukan perundingan. Presiden menerima dari kelompok satu kemudian menerima kelompok lain," katanya, Jumat (2/8/2013).

Djoko mengklaim kedua kelompok sepakat untuk cooling down dan menghentikan tindak kekerasan. Dia menambahkan dalam proses rekonsiliasi pemerintah tetap pada posisi mengutamakan keamanan dan keselamatan warga pengungsi.

Menko menegaskan pemerintah tidak ingin warga pengungsi syiah kembali ke tempat tinggal mereka tanpa jaminan kemanan. Pemerintah juga tidak bisa menjamin pengungsi yang sekarang berada di Sidoarjo bisa berlebaran di kampung halaman. "Saya minta jaminan kalau mereka kembali, harus aman. Tidak ada lagi intimidasi dan ancaman," kata Djoko.

Tag : konflik, pengungsi, syiah sampang, menko polkam
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top