Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

Bisnis.com, SURABAYA - Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Jawa Timur mengimbau pemudik mewaspadai enam jalur rawan bencana saat melintas selama Lebaran.

Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Jawa Timur I Made Sukartha menguraikan 1.700 kilometer jalan provinsi sudah siap dilalui pemudik.

"Kondisi 60% jalan sudah kedaluwarsa umur pakainya, tetapi secara umum sudah siap dilewati. Memang ada sejumlah pekerjaan tapi H-10 sudah dihentikan," jelasnya hari ini, Kamis (25/7/2013).

Kesiapan itu, sambungnya, juga harus disertai kewaspadaan pemudik terhadap jalur rawan bencana. Jalur di kawasan selatan yang harus diperhatikan yaitu Jalur Dengok-Trenggalek, Ponorogo-Pacitan, Arjosari-Purwantoro.

Adapun di jalur tengah rute Batu-Pujon-Batas Kabupaten Kediri juga rawan. Lokasi jalan di pegunungan sangat memungkinkan longsor terjadi sewaktu-waktu.

Menurutnya, potensi longsor di jalur alternatif Trawas-Pacet-Cangar juga harus diperhatikan. Sementara di Pulau Madura, jalur rawan banjir meliputi Sampang-Omben dan Sampang-Ketapang.

"Mengatasi potensi gangguan itu kami sediakan 19 posko Lebaran yang siap mengatasi halangan tiba-tiba," jelasnya.

Setiap posko, sambungnya, dilengkapi perlengkapan seperti dump truck, pikap, alat pengangkat hingga gergaji pemotong kayu.

Titik Macet

Polda Jawa Timur mengidentifikasi sejumlah titik rawan di antaranya di Duduk Sampeyan Gresik, Pasar Babat Baru Lamongan dan jembatan Gendingan Probolinggo.

Titik macet lainnya, Simpang Kenanten Mojokerto, bottle neck Trowulan Mojokerto, fly over Peterongan Jombang, Jembatan Perak dan persimpangan KA Perak Jombang, pertigaan Mengkreng Kediri, sepanjang jalan Mantingan Nganjuk-Saradan-Caruban Madiun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper