Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesan SBY buat DPR: Utamakan Kepentingan Bangsa

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berpesan kepada rakyat untuk selalu mengutamakan kepentingan bangsa demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.SBY mengatakan loyalitas kepada bangsa harus diutamakan di dalam negara majemuk

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berpesan kepada rakyat untuk selalu mengutamakan kepentingan bangsa demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

SBY mengatakan loyalitas kepada bangsa harus diutamakan di dalam negara majemuk seperti Indonesia. Kesetiaan kepada bangsa, lanjutnya, menjadi semakin penting ketika bangsa Indonesia memutuskan menerapkan sistem demokrasi multipartai pasca reformasi.

Sintesa antara sistem politik multipartai dan penduduk multibudaya itu membuat adopsi demokrasi di Indonesia menjadi unik. Demokrasi, jelas Presiden, harus tumbuh tidak bertentangan dengan nilai budaya dan keagamaan di Tanah Air.

"Loyalitas utama adalah kepada bangsa. Bukan daerah, agama, suku, dan sebagainya," kata SBY dalam acara buka puasa bersama para anggota Dewan Perwakilan Daerah, Rabu (24/7).

Kepala Negara mengatakan keunikan demokrasi di Indonesia tidak perlu diatasi dengan terus menerus mengutak-atik sistem politik dan pemerintahan.

Keutuhan bisa dipertahankan jika setiap unsur bangsa di berbagai tingkat sadar atas tanggung jawab utama mereka kepada bangsa.

Yudoyono mencontohkan rasa tanggung jawab tersebut bisa ditunjukkan pemerintah dan anggota parlemen melalui penentuan alokasi APBN sesuai prioritas negara dengan mengesampingkan kepentingan kedaerahan ataupun partai.

"Kalau dihayati betul, maka praktik dan implementasinya akan benar."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper