Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terjebak di Karimunjawa, Baru 276 Wisatawan Bisa Menyeberang ke Jepara

BISNIS.COM, JEPARA -- Kapal Motor Penumpang (KMP) Muria hanya mengangkut 276 penumpang yang didominasi wisatawan dari Pulau Karimunjawa ke Jepara. "Berdasarkan data manifes dari Pelabuhan Karimunjawa, jumlah penumpang kapal hanya 276 orang, sehingga

BISNIS.COM, JEPARA -- Kapal Motor Penumpang (KMP) Muria hanya mengangkut 276 penumpang yang didominasi wisatawan dari Pulau Karimunjawa ke Jepara.

"Berdasarkan data manifes dari Pelabuhan Karimunjawa, jumlah penumpang kapal hanya 276 orang, sehingga masih banyak wisatawan yang belum terangkut," ujar Kamto, staf operasional PT ASDP Ferry Cabang Jepara, saat memantau kedatangan KMP Muria di Pelabuhan Jepara, Sabtu petang (6/7).

Dia menjelaskan KMP Muria diberangkatkan dari Karimunjawa sekitar pukul 06.00 WIB dan tiba di Jepara sekitar pukul 12.15 WIB.

 Pengangkutan wisatawan lain yang masih tertahan di Karimunjawa, katanya, dijadwalkan Minggu (7/7).

Rencananya, kata dia, KMP Muria diberangkatkan dari Pelabuhan Jepara Minggu (7/7) pagi.

Keberangkatan KMP Muria hari ini (6/7), kata dia, hanya untuk melayani penyeberangan penumpang, mengingat tidak ada satupun mobil yang ikut diangkut.

Sedangkan kapasitas penumpang, kata dia, sebanyak 276 penumpang.

Selain mengangkut 276 penumpang, KMP Muria juga mampu mengangkut antara 14-15 mobil, 30-an sepeda motor dan barang hingga 30-an ton.

Berdasarkan pengamatan, KMP Muria yang bersandar di Pelabuhan Jepara Sabtu (6/7) siang itu, memang tidak terlihat mengangkut mobil serta kendaraan roda dua yang diangkut hanya beberapa unit.

Mayoritas penumpang kapal merupakan wisatawan dan hanya beberapa orang yang terlihat merupakan warga setempat.

Dika, salah seorang wisatawan asal Purwakarta, mengakui, penumpang penuh sesak dan berjubel di tempat yang biasanya untuk mengangkut kendaraan, karena tempat duduk penumpang sudah penuh.

Untuk mendapatkan tiket kapal, dia mengaku, harus datang ke pelabuhan Sabtu (6/7) dini hari.

"Diperkirakan, sekitar pukul 01.00 WIB sudah menuju ke pelabuhan, karena di tempat tersebut juga sudah antre ratusan wisatawan yang ingin mendapatkan tiket," ujarnya.

Keluhan juga disampaikan salah seorang turis asing asal Jerman, Jose mengaku, tidak mendapatkan kenyamanan ketika naik KMP Muria, karena banyak penumpang kapal yang tidak memiliki tiket.

Akibatnya, lanjutnya, di dalam kapal penuh sesak dengan ratusan penumpang yang sudah berhari-hari menunggu diseberangkan dari Karimunjawa, menyusul gelombang laut yang cukup tinggi sejak Selasa (2/7). (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper